1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Inilah Makanan Luar yang Mendobrak Lidah Masyarakat Indonesia

Tiga makanan luar ini telah mendobrak selera pangan masyarakat Indonesia.

By Azalia Amadea 13 Mei 2016 16:02
Sushi (Foto: saisushi.com)

Money.id - Makanan di Indonesia memang banyak ragamnya baik makanan tradisional maupun makanan internasional. Terlebih masyarakat Indonesia juga senang jajan sehingga begitu banyak sajian makanan dengan inovasi baru.

Berdasarkan riset yang dilakukan, baru-baru ini ada beberapa makanan luar yang tengah menjadi favorit masyarakat dan mendobrak pasar kuliner Indonesia. Makanan-makanan luar tersebut ternyata juga cocok di lidah orang Indonesia, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Kebab
Kebab merupakan hidangan berbahan dasar daging panggang yang ditusukan dengan batang besi. Umumnya kebab populer di negara Timur Tengah. Di Indonesia makanan ini juga cukup digemari. Umumnya sajian kebab di Indonesia merupakan lipatan roti pita dengan isian irisan tipis daging panggang sapi. Di Indonesia makanan ini sudah cukup dikenal lama, namun kebab dengan konsep makanan pinggir jalan baru populer sejak sekitar tahun 2000-an.

Kebab di Indonesia tidak hanya dihidangkan di restoran mahal saja, tapi juga di pinggir jalan contohnya Kebab Baba Rafi. Kebab pinggiran ini lah yang banyak digemari masyarakat. Dengan harga yang terjangkau sekitar Rp10 ribu-Rp20 ribu per porsinya, kebab disajikan dengan roti pita berisi sayuran, irisan tipis daging sapi, saus dan mayones.

2. Ramen
Ramen merupakan makanan Jepang yang diadaptasi dari China. Ramen adalah sajian mi yang dibuat menggunakan tangan lalu dimakan bersama kuah kaldu daging. Ramen umumnya disajikan dengan 3 rasa kuah yang berbeda yaitu soyu, miso dan kare. Di Indonesia sajian ramen juga sudah tidak asing lagi, dibuktikan dengan semakin menjamurnya restoran khusus ramen yang tersebar diberbagai wilayah Nusantara.

Banyak restoran ramen dari restoran berkelas hingga warung ramen pinggir jalan. Terlebih ramen yang banyak digemari masyarakat Indonesia adalah ramen pedas dengan tingkat level kepedasan yang tinggi. Semangkuk ramen berisi mi kuning, irisan daging tipis, sayuran, dan telur rebus. Namun sajian ramen bisa disesuaikan dengan selera masing-masing penikmatnya. Di Indonesia harga ramen berkisar Rp15 ribu-Rp35 ribuan, yang sengaja dibuat agar dapat menjangkau kalangan menengah ke bawah.

3. Sushi
Tak kalah dengan kepopuleran kebab dan ramen, makanan nasi gulung 'Sushi' juga menjadi salah satu makanan luar yang banyak digemari di Indonesia. Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya restoran dan warung makan sushi kaki lima. Bahan dasar utama sushi adalah nasi yang cocok dengan menu makan utama orang Indonesia. Berbagai restoran sushi tersebar di seluruh Indonesia sebut saja seperti Sushi Tei, Sushigroove dan Sushi-Ya yang begitu populer.

Tak heran jika makanan asal Jepang ini mampu menarik minat masyarakat Indonesia. Terdapat ragam sajian dan varian sushi namun umumnya ada 6 jenis sushi utama yaitu nigirizushi, makizushi, chirashizushi, oshizushi, narezushi, dan inarizushi. Di Indonesia sendiri sajian sushi menggunakan ikan salmon mentah adalah yang paling favorit. Kini sushi juga banyak diinovasi menjadi berbagai varian isian yang disesuaikan dengan selera lidah orang Indonesia. Umumnya sushi dibanderol mulai harga Rp24 ribu-Rp50 ribu per porsinya. 

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section