1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Rahasia Menggoreng Tahu Bulat Bisa Mengembang Sempurna

Jika ingin tahu bulat mengembang dan benar-benar bulat saat digoreng, caranya...

By Azalia Amadea 16 Mei 2016 13:45
Tahu bulat (Foto: cookpad.com)

Money.id - Siapa yang tak menyukai gurih dan renyahnya tahu bulat? Tahu goreng berbentuk unik ini begitu digemari mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Camilan gurih dan renyah ini semakin populer, tak heran jika banyak pedangan tahu bulat yang mudah dijumpai. Mereka berjualan menggunakan mobil pikap berkeliling kompleks.

Membuat tahu bulat tidaklah sulit hanya saja terkadang saat menggorengnya tahu tidak dapat mengembang sempurna. Mungkin Anda juga pernah mencoba menggoreng tahu bulat sendiri di rumah namun gagal karena tahu tidak bulat sempurna atau kempes.

Andri, salah satu pedagang Tahu Bulat Boga Rasa yang sudah berjualan selama dua tahun belakangan menjelaskan cara yang benar agar tahu bulat mengembang saat digoreng. 

Andri biasa berjualan tahu bulat di sekitaran Mampang, Jakarta Selatan dengan menggunakan mobil pikap. Andri yang sedang menjajakan tahu bulat di depan SMP 141 itu juga tidak segan-segan membagikan tips dan trik menggoreng tahu bulat, simak ulasannya berikut ini.

1. Simpan tahu dalam freezer

"Jika ingin tahu bulat mengembang dan benar-benar bulat saat digoreng, simpan tahu bulat dalam freezer dahulu. Tahu yang beku pas digoreng akan bisa mengembang maksimal," ujar Andri yang ditemui Money.id di Jakarta, Senin 16 Mei 2016.

Pria 27 tahun itu menambahkan bahwa tahu yang dingin akan membuat tampilan tahu dapat bulat sempurna saat digoreng. Fungsi lainnya menyimpang tahu dalam freezer adalah tahu dapat lebih awet sehingga tidak mudah basi.

2. Menggunakan api sedang

Menurut Andri, saat menggoreng tahu bulat pastikan api yang digunakan tidak terlalu besar atau sebaliknya tidak terlalu kecil. Jika api yang digunakan terlalu besar akan membuat tahu bulat cepat kempes. Dan sebaliknya, jika api yang digunakan terlalu kecil tahu bulat juga akan mudah kempes dan tidak matang merata.

3. Minyak harus banyak

"Kebanyakan orang kalau bikin tahu bulat sering kempes karena minyak yang digunakan terlalu sedikit. Pastikan juga suhu panas minyaknya pas, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin," ujar Andri sambil sibuk menggoreng pesanan tahu bulatnya.

Dalam sekali menggoreng, Andri dapat menggunakan kurang lebih 2 liter minyak curah. Andri mengaku tak menggunakan minyak khusus hanya minyak curah biasa yang dibelinya di warung. Ia juga rutin mengganti minyak gorengnya minimal selama dua kali dalam seminggu.

Itulah tips dan trik menggoreng tahu bulat agar dapat mengembang bulat sempurna. Setelah mengetahuinya kini Anda dapat membuat dan menggoreng tahu bulat sendiri di rumah tanpa khawatir tahu bulat akan kempes, selamat mencoba. (poy)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section