1. HOME
  2. FINANCE
TARIF LISTRIK

Tambah Listrik Jawa-Bali, PLN Bangun Sutet Adipala–Rawalo

Jaringan tersebut membentang sepanjang 14 kilometer sirkit (kms) .

By Rohimat Nurbaya 25 Januari 2016 13:15
Ilustrasi tiang listrik (Pixabay)

Money.id - PT PLN (Persero) mengoperasikan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) 500 kilo Volt (kV) yang terdiri atas 35 tower. Sutet terdiri dari dua sirkrit tersebut merupakan bagian dari sistem interkoneksi Jawa-Bali.

Sirkit pertama telah beroperasi sejak 22 september 2015 lalu, sementara untuk sirkit kedua dinyatakan layak bertegangan pada 20 Januari 2016.

"SUTET yang terdiri atas dua sirkit ini mampu menghantarkan daya masing-masing 1200 megawatt (MW)," ujar Senior Manajer Public Relation PT PLN, Agung Murdifi dikutip dari laman resmi PLN.

Jaringan terbentang sepanjang 14 kilo meter sirkit (kms) tersebut menghubungkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Jawa Tengah Adipala dengan Gardu Induk tegangan Ekstra Tinggi (GITET) New Rawalo, Kesugihan, Jawa Tengah.

Pembangunan SUTET itu bertujuan memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali, dengan cara mengalirkan pasokan listrik dari PLTU 2 Jateng berkapasitas 600 Mega Watt ( MW) ke sistem interkoneksi Jawa Bali.

SUTET terdiri atas dua sirkit itu dibangun dengan konstruksi ACSR 4×422 mm2 yang mampu menghantarkan daya masing-masing 1200 MW.

"Dengan beroperasinya dua sirkit ini maka PLN akan mampu menambah pasokan listrik sebesar 2400 MW pada system kelistrikan Jawa Bali," ucapnya.

Dia mengatakan, hal tersebut tentu menjadi asupan yang sangat penting untuk memperkuat infrastruktur kelistrikan Jawa Bali. Ke depannya, Sutet Adipala – Rawalo Cilacap ini diharapkan meningkatkan keandalan pasokan listrik di Jawa Tengah.

Untuk saat ini, pasokan listrik terfokus pada Interbus Transformer (IBT) Ungaran I, II, IBT Pedan dan IBT Tanjungjati.

"Dengan adanya SUTET ini, beban listrik bisa dipecah ke GI Adipala, Rawalo dan Cilacap," jelas Agung.

Selain itu, dalam waktu dekat, PLN juga akan segera mengoperasikan SUTET Cila yang menghubungkan antara PLTU Cilacap Ekspansi 610 MW – Adipala yang saat ini pengerjaannya sudah hampir rampung.

"Sesuai dengan rencana awal, SUTET akan dibangun sepanjang 4 kilo meter dan terdiri atas 12 tower," imbuhnya.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section