1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Real Madrid Masih Jadi Klub Terkaya di Dunia

Pada musim 2014-2015, Real Madrid berhasil meraup pendapatan sebesar Rp8,6 triliun

By Nur Chandra Laksana 25 Januari 2016 09:25
Real Madrid (ownaspace.com)

Money.id - Untuk ke-11 kalinya secara berturut-turut, klub bola asal Spanyol, Real Madrid berhasil memuncaki klasemen 20 klub bola terkaya di dunia. Hal ini didasarkan menurut laporan dari perusahaan konsultan dan akuntan publik, Deloitte.

“Dalam laporan Its Football Money League, berdasarkan pada musim 2014-2015 lalu, pendapatan gabungan dari 20 klub besar di dunia meningkat sebesar 8 persen menjadi 6,6 miliar Euro. Ini adakah rekor terbaru,” kata Deloitte.

Sedangkan saingan terberat Real Madrid, yakni Barcelona FC, naik dua tingkat ke posisi ke dua dalam daftar klub paling kaya di dunia. Barcelona berhasil menggeser tempat Manchester United yang harus rela bergeser ke posisi ke tiga.

Sedangkan raksasa Paris Saint-Germain dan Bayern Munich ada di posisi empat dan lima dalam daftar yang sama.

Untuk peringkat enam hingga sembilan, berhasil direbut dari klub yang berasal dari liga Inggris, yakni Manchester City, Arsenal, Chelsea, dan Liverpool.

Real Madrid sendiri berhasil meraup pendapatan sebesar 577 juta euro, atau sekitar Rp8,6 triliun. Pendapatan ini meningkat dari tahun lalu yang berkisar di angka 550 juta euro, atau sekitar Rp8,2 triliun.

Meskipun Manchester United turun satu tingkat, mereka tetap menjadi klub Premier League paling sukses dengan pendapatan 519,5 juta euro, atau sekitar Rp7,75 triliun.

"Meskipun mengalami penurunan pendapatan tahun-ke-tahun, Manchester United tetap berada di posisi tiga besar daftar klub terkaya di dunia, yang menunjukkan kekuatan dari model bisnis klub tersebut," kata manajer senior di Deloitte, Tim Bridge.

"Kembalinya Manchester United ke Liga Champions, serta dimulainya sejumlah kemitraan komersial yang signifikan, akan memperkuat bisnis MU di musim 2015-2016 mendatang," ucap Tim.

Jika anda penasaran siapa saja yang berhasil masuk ke klib sepak bola terkaya di dunia, maka silakan lihat rangkuman Deloitte soal Football Money League 2016 berikut.

1. Real Madrid: Rp8,6 triliun

2. Barcelona: Rp8,3 triliun

3. Man Utd: Rp7,7 triliun

4. Paris Saint Germain: Rp7,1 triliun

5. Bayern Munich: Rp7,06 triliun

6. Manchester City: Rp6,9 triliun

7. Arsenal: Rp6,4 triliun

8. Chelsea: Rp5,9 triliun

9. Liverpool: Rp5,8 triliun

10. Juventus: Rp4,8 triliun

(poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section