1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Tahun Ini Toyota Investasi Rp5,4 Triliun di Indonesia

Dalam kurun waktu lima tahun, sejak 2015 hingga 2019, total rencana investasi Toyota di Indonesia sebesar Rp20 triliun.

By Rohimat Nurbaya 19 Februari 2016 13:31
Ilustrasi pabrik Toyota (vietq.vn)

Money.id - Grup Toyota Motor Corporation (TMC) akan menanamkan modal sebesar Rp5,4 triliun di Indonesia. Langkah tersebut dinilai menunjukkan kepercayaan investor global terhadap iklim investasi dan prospek industri otomotif di Indonesia.

"Toyota serius berbisnis di Indonesia, tahun ini saja akan berinvestasi Rp 5,4 triliun, setelah tahun 2015 menanam modal Rp 5 triliun," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin seperti dikutip dari laman Kemenperin.go.id, Jumat 19 Februari 2016.

Dia menegaskan, dalam kurun waktu lima tahun, sejak 2015 hingga 2019, total rencana investasi Toyota sebesar Rp20 triliun.

Sedangkan hingga 2014, prinsipal asal Negeri Sakura itu telah merealisasikan penanaman modal di Indonesia sebesar Rp40 triliun.

"Saat ini, perusahaan tengah merampungkan pabrik mesin (engine plant) di Karawang," ucapnya.

Saleh mengapresiasi kepercayaan Toyota, karena mau menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi dan basis produksi mobil Toyota hingga saat ini.

"Saya juga mengajak TMC agar tidak tanggung-tanggung di Indonesia, maka saya minta Toyota dan mitranya di Jepang terus meningkatkan investasi di sektor otomotif terutama bahan baku dan komponen," ujar dia.

Menperin juga mendesak Toyota turut mendongkrak produksi mobil di Indonesia serta membangun fasilitas penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D).

Sebab, dibandingkan dengan Thailand sangat ketinggalan. Dengan jumlah penduduk 67,2 juta jiwa, Thailand telah memproduksi sekitar 2,5 juta unit mobil per tahun, 50 persen untuk pasar domestik dan selebihnya untuk ekspor.

Sementara itu Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 Juta orang dengan jumlah penduduk berpenghasilan menengah sebesar 74 juta orang, seharusnya sudah mampu memproduksi lebih dari Thailand. Tetapi saat ini masih belum bisa menyaingi produksi mobil Toyota di negeri Gajah Putih. 

Tidak ditemukan data keseluruhan produksi mobil Toyota di Indonesia per tahun, namun berdasar data dari PT Toyota Astra Motor Manufacturer Indonesia (TMMIN), 12 Mei 2015, pada periode Januari-Maret 2015, Toyota Indonesia mampu memproduksi sebanyak 51.430 unit mobil.

Angka produksi tersebut naik sebesar 7,2 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 47.967 unit mobil. Meski demikian saat ini merek Toyota di Indonesia menguasai sekitar 31-32 persen pasar domestik. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section