1. HOME
  2. FINANCE
BANK INDONESIA

BI Kembali Pangkas Suku Bunga Acuan, BI Rate Kini 7 Persen

Pada Januari 2016, Bank Indonesia memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam 11 bulan terakhir.

By Desy Afrianti 18 Februari 2016 15:34

Money.id - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan kembali memangkas suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin menjadi 7 persen dari 7,25 persen. Sedangkan lending facility 7,5 persen dan deposit facility 5 persen.

"Kami memberikan ruang pelonggaran moneter semakin terbuka, dan ekonomi domestik semakin membaik," ujar Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di kantornya, Jakarta, Kamis 18 Februari 2016 seperti dikutip dari Merdeka.com

Pada Januari 2016, Bank Indonesia memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam 11 bulan terakhir. Hal tersebut dilakukan karena terjadi pelambatan ekonomi yang dikhawatirkan akan berimbas pada pelemahan nilai mata uang rupiah.

BI menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 7,25 ppersen, serta suku bunga lending facility pada level 7,75 persen dan suku bunga deposit facility sebesar 5,25 persen selama terhitung sejak Januari 2016.

Saat itu, penurunan BI Rate secara terukur diharapkan dapat memperkuat pelonggaran kebijakan makroprudensial dan penurunan Giro Wajib Minimum (GWM) yang telah dilakukan sebelumnya. (Baca: Bank Indonesia Diprediksi Turunkan Suku Bunga Acuan)

"Penurunan BI rate secara terukur ini diharapkan mampu memperkuat pelonggaran kebijakan makro prudensial," ucap Agus.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section