1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

BNI Perluas Layanan ke Singapura

Perluasan kantor layanan untuk memberikan kemudahan bagi para tenaga migran Indonesia dalam melakukan transaksi kiriman uang ke Indonesia.

By Desy Afrianti 18 Februari 2016 13:31
Ilustrasi Bank BNI/dream.co.id

Money.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memperluas jangkauan layanan remitansi di Singapura dengan menambah BNI Remittance Center di City Plaza.

Tambahan kantor layanan terbatas tersebut memperkuat jangkauan layanan remitansi BNI bagi sekitar 120.000 lebih tenaga migran Indonesia di Singapura.

Sebelumnya BNI telah mengoperasikan Kantor Cabang di kawasan Robinson Point dan BNI Remittance Center di Lucky Plaza, Orchad Road, Singapura.

Peresmian LPB atau disebut BNI City Plaza Remittance Center tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno di Singapura, Rabu 17 Februari 2016.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengungkapkan, perluasan kantor layanan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi para tenaga migran Indonesia dalam melakukan transaksi kiriman uang ke Indonesia.

Pemilihan City Plaza sebagai lokasi outlet BNI Remittance Center yang baru mengingat kawasan di sekitar City Plaza merupakan tempat berkumpulnya komunitas tenaga migran Indonesia saat libur bekerja di akhir pekan. BNI Remittance Center City Plaza mulai beroperasi sejak 5 November 2015.

"Sejak awal pembukaan sampai dengan saat ini terlihat adanya peningkatan yang cukup signifikan atas transaksi kiriman uang ke Indonesia," ujar Baiquni seperti dikutip dari bni.co.id.

Pada tahun 2015, BNI melayani 89.533 transaksi remitansi dari Singapura. Total nilai pengiriman uang yang dilayani BNI pada tahun 2015 adalah mencapai Rp 36,38 triliun.

Menteri BUMN, Rini M Soemarno memberikan apresiasi pada upaya BNI untuk terus mengembangkan layanannya di Singapura dan negara-negara tempat para pekerja
Indonesia bekerja di luar negeri karena akan semakin mendekatkan layanan perbankan kepada para pekerja migran.

Menurut dia, langkah BNI untuk menggelar pelatihan-pelatihan bagi tenaga kerja Indonesia patut diapresiasi dan ditiru oleh BUMN lain.

"Dengan pelatihan tersebut para tenaga kerja akan mendapatkan bekal keterampilan ketika pulang ke Tanah Air. Nanti jangan lupa datang ke BNI untuk minta kredit untuk
mengembangkan usahanya. Sekarang sudah tersedia Kredit Usaha Rakyat di BNI dengan suku bunga 9%. Dan kalau pulang ke Indonesia jangan lupa menggunakan Garuda
Indonesia," ujar Rini di hadapan sekitar 300 tenaga kerja Indonesia di Singapura.

Rini mengatakan bahwa pemerintah ingin terus berupaya memberikan perlindungan bagi tenaga migran antara lain dengan membangun banyak pelatihan di Indonesia
sehingga tenaga migran mendapatkan pelatihan sebelum pergi ke luar negeri. Dengan cara itu, mereka akan terlindungi dari upaya eksploitasi di negara asing.

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section