1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Dibuka Rp13.469, Rupiah Naik Berkat Sentimen Domestik

Sentimen positif domestik pendorong rupiah menguat adalah penantian pemangkasan BI Rate.

By Rohimat Nurbaya 18 Februari 2016 10:35
Uang Rupiah (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dibuka menguat sebanyak 38 poin atau sekitar 0,28 persen pada perdagangan Kamis 18 Februari 2016.

Berdasarkan data Bloomberg Index, rupiah dibuka pada angka Rp13.469 per dolar AS, sedangkan ketika penutupan kemarin ditutup pada angka Rp13.507 per dolar AS. Pada perdagangan kemarin rupiah melemah 112 poin atau sekitar 0,84 persen.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam analisnya menyebutkan, rupiah berpotensi mengalami penguatan pada perdagangan hari ini.

Sentimen positif domestik pendorong rupiah menguat adalah penantian pemangkasan BI Rate. Pada Rabu 17 Februari 2016 hingga Kamis 18 Februari 2016, Bank Indonesia masih menggelar rapat Dewan Gubernur.

Pemangkasan tersebut, bersamaan angka realisasi APBN per 5 Feb 2016 yang tidak terlalu mengecewakan, dan bisa mendorong prospek pertumbuhan di 2016.

Hal itu akan membuka ruang penguatan rupiah, serta aset berdenominasi rupiah lainnya, lebih lanjut. Ditambah sentimen positif dari kenaikan tajam harga minyak.

Sementara itu, isi notula rapat Federal Open Market Committee (FOMC) pada Januari lalu, mengindikasikan para petinggi The Fed bisa mengubah kenaikan suku bunga dalam pertemuan Maret.

Revisi tersebut terjadi karena kecemasan anggota FOMC asumsi atas target sebelumnya bisa berubah karena dampak perlambatan ekonomi China dan dunia pada ekonomi AS, volatilitas pasar finansial global, dan inflasi yang melambat. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section