1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Bukan Kali Pertama Nike Persoalkan Hinaan Pac-Man Soal LGBT

Nike memiliki sejarah panjang dalam mendukung perjuangan hak-hak komunitas LGBT.

By Ita Malau 18 Februari 2016 11:58
Petinju Manny Pacquiao/Facebook

Money.id - Produsen sepatu raksasa, Nike, memutuskan untuk tidak memakai petinju asal Filipina, Manny Pacquiao, sebagai endorser. Kegusaran Nike berawal saat Pacquiao atau yang biasa disebut Pac-Man itu berkomentar soal homoseksual.

Dikutip dari laman BBC, 18 Februari 2016, Pac-Man menggambarkan homoseksual dengan kata-kata, "lebih buruk dari binatang." Saat ini, Pac-Man tengah berkampanye untuk memperoleh kursi senator di Filipina.

Petinju berusia 37 tahun itu kemudian meminta maaf atas komentarnya mengenai homoseksual itu. Namun, Nike tak bergeming. "Menurut kami, komentar Manny Pacquiao itu mengerikan," demikian pernyataan Nike.

"Dengan tegas, Nike menentang semua bentuk diskriminasi dan memiliki sejarah panjang dalam mendukung hak-hak komunitas LGBT."

Perusahaan yang juga memproduksi sportswear itu menambahkan: "Kami tidak lagi berhubungan dengan Manny Pacquiao."

Pernyataan keras Pacquiao mengenai homoseksual itu ditayangkan dalam sebuah wawancara di televisi. Di akun Instagramnya, Pacquiao kemudian mengaku bahwa dia hanya mengungkap kebenaran yang tercantum di Alkitab. Dia kemudian menulis di akun Facebook-nya bahwa dia tidak mengutuk LGBT, walau aktif menyuarakan penolakan pernikahan sejenis.

Bukan kali pertama

Dikutip dari laman Forbes, ini bukan kali pertama Nike enggan memakai Pac-Man sebagai endorser produk-produknya. Pada akhir 2012, Nike juga tak mau memperpanjang kontrak dengan petinju itu karena masalah serupa.

Apalagi di tahun itu, Pac-Man kalah KO di dua laga. Termasuk di laga melawan Juan Manuel Marquez pada Desember 2012, Pac-Man kalah KO. Hampir semua sponsor Pac-Man menjauh kala itu. 

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section