1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Lebih Untung Mana, Investasi Rumah atau Apartemen?

Salah satu investasi yang cukup menggiurkan adalah kepemilikan harta tak bergerak atau properti.

By Desy Afrianti 16 Februari 2016 07:05
Ilustrasi uang rupiah (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Investasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola keuangan. Investasi dilakukan untuk menghadapi ketidakpastian dan kebutuhan yang semakin besar di masa mendatang, karena setiap tahun dana yang kita miliki nilainya akan berkurang tergerus inflasi.

Salah satu investasi yang cukup menggiurkan adalah kepemilikan harta tak bergerak atau properti.

Membeli properti bisa berupa rumah atau apartemen. Jika ditelaah lebih dalam, mana yang lebih menguntungkan, rumah atau apartemen? Yuk, simak berikut ini.

Baik rumah maupun apartemen memiliki kelebihan dan kekurangan. Membeli rumah sangat cocok dijadikan investasi jangka panjang, apalagi harga tanah setiap tahunnya akan meningkat.

Dengan rumah, Anda bisa mendapat keuntungan dengan menyewakan rumah. Namun konsekuensinya, Anda harus siap menanggung biaya perawatan yang cukup besar.

Sementara itu, apartemen merupakan investasi jangka menengah. Secara teknis, apartemen telah memiliki sistem mulai dari keamanan hingga kebersihan.

Ini tentu menguntungkan, karena Anda tak perlu memikirkan hal-hal kecil. Keuntungan lainnya, Anda bisa menyewakan apartemen. Kendati begitu, tetap ada risiko di mana kondisi apartemen akan menurun bila penyewa tidak merawatnya dengan baik.

Apa pun pilihannya, pastikan Anda telah menentukan investasi jangka menengah atau jangka panjang.

Jangan pula lupa untuk memperhatikan lokasi daerah properti, karena lokasi sangat berperan untuk menentukan harga properti. Baca tips selengkapnya di sini

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section