1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

4 Alasan Bisnis Membutuhkan Suntikan Modal

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya mempelajari berbagai jenis pinjaman bank beserta persyaratannya.

By Dwifantya Aquina 31 Agustus 2017 08:45
Ilustrasi rekan bisnis (kavonichone.co.za)

Money.id - Sebuah bisnis membutuhkan modal yang memadai untuk berkembang. Namun, pengusaha kerap tak bisa hanya mengandalkan modal dari kocek sendiri aja. Untuk mengakalinya, pengusaha bisa menggali sumber modal dari luar salah satunya dengan mengajukan pinjaman ke bank.

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya mempelajari berbagai jenis pinjaman bank beserta persyaratannya. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam memilih jenis pinjaman yang tepat sesuai kebutuhan. Cari pula jenis pinjaman yang persyaratannya dapat kita penuhi, untuk meminimalisir penolakan.

Seperti dilansir CekAja.com, berikut beberapa situasi yang menjadi alasan pengusaha membutuhkan suntikan dana tambahan :

Kurang modal           

Alasan ini sudah jelas, khususnya bagi kita yang baru akan memulai bisnis. Modal pas-pasan seringkali menjadi kendala utama bagi pebisnis pemula.

Tak ada salahnya mengajukan pinjaman ke bank demi terwujudnya rencana bisnis yang sudah matang. Dengan catatan, sebelum mengajukan pinjaman, sudah melakukan perhitungan yang matang pula.

Bentuk pinjaman bermacam-macam misalnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Kredit Tanpa Agunan (KTA). Bahkan, dengan dukungan teknologi, mengajukan pinjaman semacam itu semakin mudah. Kita bisa mengajukan KTA online atau jenis pinjaman lainnya untuk menambah modal usaha.

Mendukung rencana ekspansi

Agar bisnis bisa menoreh keuntungan yang lebih banyak lagi, kerap memerlukan ekspansi. Sayangnya, melakukan ekspansi membutuhkan modal tambahan. Ketika modal awal hanya mampu untuk menjalankan roda bisnis di satu atau dua cabang saja, mencari alternatif sumber modal adalah pilihan yang jitu.

Apabila ekspansi menjanjikan keuntungan yang lumayan, meminjam dana ke bank bukanlah masalah. Yang terpenting, semua telah melalui perhitungan yang cermat. Tujuannya, agar tidak kewalahan membayar cicilan pinjaman nantinya. 

Menyelesaikan masalah finansial

Selama menjalankan bisnis, bukan tidak mungkin ada masalah yang menghinggapi, terutama soal finansial. Ketika mendapatkan masalah seperti bisnis yang rugi, sementara karyawan harus tetap mendapatkan gaji, pengusaha tidak bisa tinggal diam.

Suntikan dana dari bank tentu akan sangat membantu pengusaha melewati situasi semacam itu, sehingga menyelesaikan masalah yang ada. Namun, pengusaha harus tetap memikirkan strategi agar bisnis segera pulih kembali dan pembayaran cicilan ke bank tetap lancar. (Baca juga: 5 Usaha yang Menguntungkan Saat Musim Mendaki Gunung)

Mengembangkan produk

Pesaing mulai bermunculan, tandanya pebisnis harus melakukan sesuatu agar tidak tersalip. Selain melakukan promosi yang jitu, langkah lainnya yaitu melakukan inovasi untuk mengembangkan produk.

Untuk melakukan hal tersebut, tentu saja membutuhkan biaya untuk riset dan percobaan. Demi memenuhi permintaan pasar, pengusaha harus mengeluarkan modal tambahan agar bisa melakukan inovasi. Dan ketika modal yang ada tidak mencukupi, suntikan dana dari bank akan sangat membantu.

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section