1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Tren Fashion Korea: Makna Dibalik Pemakaian Cincin di Jari

Jika di Indonesia, cincin kawin atau cincin pertunangan biasa dikenakan di jari manis kiri, tidak demikian di Korea.

By Dian Rosalina 4 Oktober 2016 17:10
Ilustrasi Cincin (es.aliexpress.com)

Money.id - Korea Selatan kini menjadi salah satu negara favorit para turis mancanegara. Mulai dari makanan, budaya, sampai tren fashion dan kecantikan sukses mencuri perhatian dunia.

Baru-baru ini tren fashion aksesoris seperti cincin, tengah digandrungi oleh para remaja di Korea Selatan. Namun bukan sebagai aksesoris semata untuk melengkapi penampilan mereka, melainkan terdapat pesan dibalik pemakaian cincin tersebut.

Seperti yang diketahui, cincin memang mempunyai arti simbolik yang kuat, oleh karena itu orang yang memakai cincin harus tahu makna di balik pemakaian cincin di setiap jari.

Dikutip dari Rocketnews24, Selasa 4 September 2016, ternyata cara menggunakan cincin di Korea berbeda dengan berbagai negara lainnya. Jika di Indonesia, cincin kawin atau cincin pertunangan biasa dikenakan di jari manis kiri, tidak demikian di Korea.

Jari manis memang dimaksudkan untuk cinta. Meski secara luas cincin kawin atau pertunangan dipasang di jari manis kiri, ternyata di Korea itu bukanlah sebuah keharusan. Dimana pun cincin dipasang, jika itu berada di jari manis, berarti orang tersebut sedang memiliki hubungan dengan seseorang.

Selain jari manis kiri, sembilan jari lainnya ternyata memiliki arti sendiri ketika dipakaikan cincin. Misalnya, jika seseorang mengenakan cincin di jempol melambangkan bahwa pemakainya masih singgel atau mereka belum memikirkan punya pasangan.

Sementara cincin di jari telunjuk dikatakan mewakili persahabatan. Jadi, jangan kecewa jika Anda tertarik dengan gadis Korea dan memberikannya sebuah cincin, dan mereka memakainya di jari telunjuk. Artinya mereka menolak Anda secara halus dan ingin Anda jadi teman saja.

Lalu jika sebuah cincin dipakai di jari tengah adalah penanda bahwa Anda ingin menjadi sukses. Mereka yang ingin sukses dalam karier dan pendidikan merasa dapat getaran positif jika mengenakan cincin di jari tengah.

Dan jika Anda mengenakan cincin di jari kelingking kanan itu melambangkan 'pencapaian keinginan', sementara jari kelingking kiri berarti menandakan 'kesempatan' dan 'perubahan'. Jadi bila Anda berpergian ke Korea dan memakai cincin, usahakan Anda memakaikan cincin di jari yang tepat, agar Anda tidak memberikan pesan yang salah. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Style & Look Section