1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Parade Cantik 'Benang Merah' Bin House Tutup Pagelaran BFW 2016

Obin menampilkan 48 koleksi yang menonjolkan kain batik klasik dari motif-motif pesisiran, pedalaman, dan beberapa motif koleksi terbaru.

By Dian Rosalina 3 Oktober 2016 19:07
Kutu Baru karya desainer Obin dari Bin House (BFW 2016)

Money.id - Batik Fashion Week 2016 ditutup dengan penampilan parade koleksi cantik dari Bin House by Obin. Lewat 'Benang Merah', Obin sebagai desainer ingin menyampaikan bahwa Batik adalah sebuah penghubung berbagai aspek kehidupan yang ada di Indonesia.

"Sejak dulu wanita Indonesia tidak pernah lepas dari kain. Kenapa 'Benang Merah', karena menurut saya kain batik adalah sebuah penghubung antara manusia, masyarakat dari generasi ke generasi, dan evolusi dari kain batik itu sendiri," kata Obin yang ditemui usai Gala Closing BFW 2016, di Plaza Indonesia, kemarin.

Obin menampilkan 48 koleksi yang menonjolkan kain batik klasik dari motif-motif pesisiran, pedalaman, dan beberapa motif koleksi terbaru yang terinspirasi dari kain itu sendiri. Putri dari Obin, Perwirasari mengatakan proses pembuatan koleksi kali ini memakan waktu hampir satu tahun, karena sebagian besar kain yang digunakan adalah batik tulis.

"Kami membuat jumpsuit, kutu baru, celana, rok, kamisol, dan sarung. Memang pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk kainnya saja butuh waktu antara 3-6 bulan, ditambah kami juga memakai tenun," kata Perwirasari.

(Bin House by Obin/BFW 2016)

Ketika ditanya bagaimana kain batik Indonesia kini di mata masyarakat, ia mengatakan tidak khawatir. Sebab semua orang telah mengenakan kain batik, mulai dari orang kantoran, mahasiswa, bahkan di sekolah-sekolah pun sudah diterapkan memakai batik di hari-hari tertentu.

"Batik sekarang ini tak usah dikhawatirkan. Buat saja yang bagus dan cantik, pasti semua orang juga mau pakai. Kain-kain Indonesia sudah cantik kok, tak perlu lagi menyuruh orang untuk memakai kain, mereka pasti akan pakai sendiri," ujar Obin.

Sementara itu, pergelaran fashion show Obin yang menjadi akhir dari rangkaian Batik Fashion Week 2016 kemarin cukup meriah dengan hadirnya model-model ternama Indonesia yang membawakan koleksi Bin House dengan apik. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section