1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Deretan Pengusaha Wanita Sukses di Industri Fashion Dunia

Sosok para wanita sukses ini pantas dijadikan panutan oleh banyak orang di seluruh dunia.

By Dwifantya Aquina 8 September 2016 07:04
Giuliana Benetton (kellyrowland.guff.com)

Money.id - Siapa bilang perempuan cuma tahu belanja pakaian atau sepatu. Dalam industri fashion, perempuan justru punya peran yang sangat penting. Bahkan beberapa pengusaha perempuan merupakan pemilik perusahaan yang mendominasi dunia fashion.

Sosok mereka bahkan dijadikan panutan oleh banyak orang di seluruh dunia. Berikut ini deretan pengusaha wanita yang sukses di Industri Fashion Dunia seperti dikutip dari CekAja.com:

Charlotte Soderstorm

Hennes & Mauritz atau yang dikenal orang dengan merek H&M merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi busana. Perusahaan asal Swedia yang memiliki segmen anak muda ini kini dimiliki oleh sejumlah orang. Salah satunya adalah Charlotte Soderstorm.

Meski perempuan berusia 39 tahun ini merupakan pewaris bisnis orang tuanya, masa depan H&M ada di tangannya. Hingga sekarang perusahaan busana satu ini tetap jaya karena tangan dingin Soderstorm. Kekayaannya saat ini diperkirakan mencapai US$ 2,4 miliar.

Hanni Toosbuy Kasprzak

Kekayaan perempuan kelahiran tahun 1957 yang mencapai US$ 2,9 miliar ini sebagian besar berasal dari pabrik sepatu miliknya bernama ECCO. Perusahaan sepatu asal Denmark ini memang didirikan oleh ayahnya pada tahun 1963.

Namun, dia sukses melanjutkan estafet bisnis keluarga dengan menjadi ECCO sebagai produsen sepatu yang digemari di Eropa. Hanni sendiri sangat mengerti tentang sepatu karena mulai berkecimpung di industri sepatu sejak usia 17 tahun. (Baca juga: Cara Usain Bolt Habiskan Kekayaan)

Heidi Horten

Usia bukan penghalang bagi Heidi Horten untuk berkarya. Wanita berusia 75 tahun yang sangat menjaga penampilannya ini rupanya masih mengontrol penuh departmen store ternama asal Jerman Horten AG.

Perusahaan yang diwarisi dari mendiang suaminya tersebut kini masih diperhitungkan di dunia fesyen Eropa dan di industri ritel Jerman. Kekayaan Horten pun terus melambung dan saat ini diprediksi mencapai US$ 2,6 miliar.

Giuliana Benetton

Bersama dengan tiga orang saudara lelakinya Giuliana Benetton mendirikan perusahaan ritel pakaian Benetton Group. Pada awalnya, bisnis tersebut dijalankannya hanya untuk membantu sang ibu yang menjadi janda selepas sang suami yang meninggal dunia. Benetton yang fokus pada warna-warna cerah berhasil memikat perhatian pasar.

Sitem produksi yang efesien pun membuat Benetton Group mendapatkan keuntungan besar seiring bertambah besarnya pangsa pasar. Di usianya yang ke 79 tahun, kekayaan Giuliana diprediksi mencapai 79 tahun.

Doris F. Fisher

Di dunia ritel dan fesyen, nama Doris F. Fisher mungkin merupakan yang paling senior. Bagaimana tidak, di usianya yang ke-85 tahun dia masih aktif mengontrol bisnisnya 'Gap'. Nama merek ritel ikonik tersebut juga merupakan buah pikirannya.

Sebab, hinga tahun 2009, dia dan suaminya, Donald masih menggunakan merek Pants dan Discs. Doris F. Fisher masih menjabat sebagai jajaran direksi Gap hingga tahun 2009. Saat ini kekayaannya mencapai US$ 2,7 miliar. (Baca juga: Enam Miliarder Indonesia yang Ternyata Berasal dari keluarga Miskin)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section