1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Model Plus Size Ini Runtuhkan Obsesi Wanita Korea Akan Tubuh Kurus

Di negerinya sendiri dia justru diejek di media sosial bahkan di cap 'menjijikkan' oleh para netizen Korea.

By Dian Rosalina 6 September 2016 16:16
Model 'Plus Size' Korea, Vivian Kim (Instagram)

Money.id - Korea Selatan selalu menjadi sorotan dunia karena besarnya bisnis tersebut di negara itu. Tak heran banyak wanita yang terobsesi menjadi cantik dan mulai mengubah diri tubuh mereka dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Bentuk wajah dan bentuk badan adalah hal yang selalu menjadi sorotan para wanita Korea. Bahkan diantara mereka sangat terobsesi memiliki tubuh kurus bak model. Namun baru-baru ini, seorang model yang berasal dari Korea telah meruntuhkan persepsi bahwa menjadi cantik harus kurus.

Adalah Vivian Geeyang Kim, seorang model 'plus size' yang menentang diskiriminasi pada wanita bertubuh curvy untuk tampil cantik.

Vivian adalah seorang model 'plus size' pertama asal Korea Selatan yang memiliki tinggi 165 cm dan berat 70 kg. Namun di Amerika Serikat, justru tubuh Vivian dinilai terlalu kurus untuk menjadi model 'Plus Size'.

"Di Korea Selatan, berat badan ideal untuk wanita adalah 50 kg, dan banyak dari mereka memiliki bobot lebih dari itu. Sehingga mereka berpikir bahwa mereka sangat berlemak. Banyak orang yang menentang berat badan lebih dari itu, karena menyangkut harga diri mereka, itu konyol dan harus diubah," kata Vivian yang dikutip dari Shanghaidaily, Selasa 6 September 2016.

Menurut Vivian, kebanyakan toko di Korea memberikan sistem ukuran 'one size fit all', jadi tak heran wanita bertubuh besar sulit menemukan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Itulah yang membuat Vivian tergugah untuk menjalankan sebuah toko pakaian online dan menerbitkan majalah fashion khusus untuk wanita 'plus size' di Korea Selatan.

Di toko onlinenya, ia menjual pakaian plus size mulai dari kemeja, rok, hingga celana kulot. Harapannya, para wanita Korea yang bertubuh besar tak lagi kesulitan mencari baju yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka dan seluai dengan selera mereka.

"Banyak netizen yang mengatakan saya tidak boleh terlihat di depan umum atau media. Menanggapi hal tersebut, beberapa diantaranya sudah saya bawa ke jalur hukum. Meskipun kadang berat untuk saya, tapi saya ingin mengirim pesan kepada wanita di luar sana yang seperti saya, mereka tidak sendirian," kata Vivian.

Kini selain menangani tokonya, wanita berusia 30 tahun tersebut, mempunyai kolom tersendiri di salah satu majalah fashion. Ia menulis tips memadupadankan fashion untuk wanita ukuran plus dan saran mengenai bagaimana menangani bullying.

"Saya banyak mendapat cerita memilukan tentang 'gadis gemuk' sepanjang waktu, dan mereka terus menerus dilecehkan dan diejek oleh keluarga mereka sendiri, bos, teman, orang asing di jalan, bahkan di internet. Walau beberapa dari mereka tidak semuanya segemuk itu," ucapnya.

Salah satu kliennya, Baek Soo-Jung, mengatakan bahwa Vivian telah menciptakan perlindungan yang aman yang sangat dibutuhkan oleh para wanita ukuran 'plus size'.

"Terlepas dari ukuran tubuh saya yang gemuk, saya adalah seorang wanita yang ingin merasa cantik dan ingin mencintai diri sendiri. Dan Vivian adalah orang yang memulai perubahan ini, dia mempunyai peranan besar untuk membangkitkan kepercayaan diri wanita seperti saya," kata dia.

Sementara itu, wajah Vivian telah menghiasi halaman pemotretan majalah-majalah fashion ternama di Korea seperti Elle, Cosmopolitan, dan Sure. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section