1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Ini Bahaya bila Digunakan Foundation Setiap Hari

Masalah yang timbul pada kulit wajah dapat disebabkan dari penggunaan foundation secara terus-menerus

By Putri Nabilla 18 Desember 2015 16:45
Ilustrasi penggunaan foundation ( fashionlady )

Money.id - Makeup sekarang ini seakan-akan menjadi kebutuhan primer bagi kaum hawa, terutama saat akan keluar rumah.

Sebagian dari mereka sudah ketergantungan dan menjadi sesuatu hal yang aneh bila pergi tanpa menggunakan makeup. Bisa dibilang, kaum hawa sudah sangat erat dan kecanduan dengan makeup.

Tidak dapat dipungkiri memang peran makeup sangat berpengaruh pada tampilan seseorang.

Bahkan bagi mereka yang memiliki kekurangan, bisa menutupinya dengan ber-make-up. Salah satu kosmetik yang tak bisa lepas dari wanita adalah foundation atau alas bedak.

Foundation bagaikan landasan dasar sebelum ber-makeup yang menjadi kebutuhan utama.

Lapisannya membantu menghilangkan noda dengan cepat, meratakan warna kulit dan memberikan kecerahan wajah tampak sempurna.

Beberapa alasan ini yang menjadikan foundation sebagi suatu keharusan yang digunakan setiap hari.

Tetapi, tahukah Anda efek dari penggunaan foundation setiap hari? Seperti dilansir dari boldsky pada Jumat 18 Desember 2015, memang benar menggunakan makeup akan menambahkan rasa percaya diri bila berkomunikasi atau bertemu dengan orang lain. Namun tak semuanya baik bila Anda menggunakan foundation yang berlebihan.

Ada efek yang ditimbulkan secara fisik dan mental akibat penggunaan foundation berlebih. Mungkin untuk sekarang Anda belum merasakan dampaknya, tetapi mungkin di kemudian hari, seperti:

Pori-pori tersumbat

Pemakaian foundation setiap hari akan menjadikan pori-pori Anda. Foundation yang masuk ke dalam pori-pori Anda, akan membuat mereka kesulitan untuk bernapas. Hal itu yang dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kulit.

Jerawat

Ketika pori-pori Anda tersumbat sulit bernapas, kotoran dan debu yang terjebak di dalamnya itu dapat memicu pertumbuhan jerawat.

Tentunya munculnya jerawat di wajah Anda ini akan menimbulkan rasa sakit yang meradang dan setelah jerawat itu hilang akan meninggalkan noda bekas jerawat di kulit Anda.

Kulit kering

Pemakaian foundation memang membuat wajah Anda lembab dan tampak cantik. Namun permasalahan yang akan Anda hadapi ketika pemakaian berlebihan setiap hari, akan menyebabkan kulit kering.

Karena fakta setiap kosmetik dibuat menggunakan campuran bahan kimia. Dan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif akan rentan terkena masalah kulit.

Alergi

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik yang Anda gunakan, dapat menyebabkan alergi.

Ada dua tipe dampak alergi yang terlihat yakni jangka panjang dan jangka pendek. Tetapi bila orang yang rentan terhadap pemakaian foundation secara terus menerus akan menimbulkan efek langsung.

Efek minyak

Kebanyakan dari penggunaan foundation setiap hari memang berdampak pada kulit kering.

Namun bagi mereka yang memiliki kulit berminyak pada awalnya, penggunaan foundation malah akan menyebabkan wajah semakin berminyak. Bukannya menutupi efek minyak yang semula di kulit Anda, malah akan menjadikannya semakin berminyak.

Kurang percaya diri

Apa yang terjadi jika Anda menggunakan foundation yang berlebihan setiap hari? Tentu saja akan berdampak pada kepribadian Anda.

Bila Anda sudah terbiasa menggunakan foundation, dan dikemudian hari tiba-tiba Anda tidak menggunakannya, orang secara mudah akan menemukan perbedaan di wajah.

Ini pasti akan membuat Anda minder atau merasa kurang percaya diri karena biasanya noda di wajah tertutupi.

Hal ini membuat seseorang berpikir bahwa selama ini Anda bagaikan menggunakan topeng, tidak cantik alami. (poy)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section