1. HOME
  2. STYLE & LOOK
TIPS FASHION

Temukan Gaya Anda Lewat Tips Ini

Anda harus mengetahui apa yang Anda sukai, memahami diri sendiri, dan barang apa saja yang harus dibelanjakan.

By Dian Rosalina 7 Desember 2015 17:16
Ilustrasi Memilih Gaya (luluswanderlust.wordpress.com)

Money.id - Wanita maupun pria sering bingung menentukan gaya apa yang menjadi pilihan mereka. Padahal isi lemari Anda mungkin penuh dengan baju baru atau baju lama, dan bahkan tidak ada tempat lagi. 

Untuk menemukan gaya sendiri, Anda harus mengetahui apa yang Anda sukai, memahami diri sendiri, dan barang apa saja yang harus dibelanjakan.

Namun bila masih bingung menemukan gaya Anda, berikut ini adalah tips untuk menemukan seperti apa gaya berbusana Anda, dikutip dari The Every Girl, Senin 7 Desember 2015:

Cari inspirasi

Cobalah lakukan riset kecil untuk menuliskan nama ikon gaya favorit Anda. Lalu cari gaya-gaya tersebut melalui Pinterest, Google, atau Instagram.

Dari semua inspirasi yang telah terhimpun, pilah beberapa gaya yang menurut Anda, itu adalah diri Anda.

Anda bisa mulai membuat sebuah catatan yang diletakkan di dinding dengan judul "Personal Style". Buat lima daftar inspirasi gaya Anda dari selebriti atau blogger.

Setelah itu tulis semua elemen yang mereka kenakan, dan temukan gaya mana yang membuat Anda nyaman. Karena ketika merasa nyaman, maka saat itulah Anda menemukan gaya Anda sendiri.

Memilih baju di lemari

Anda telah melihat lemari penuh sesak dengan pakaian? Ini saatnya untuk memilih baju mana yang masih digunakan.

Mulai dari memilih baju yang belum Anda kenakan pada tahun lalu, hingga baju yang akan disumbangkan. Itu akan membuat Anda menemukan gaya yang mencerminkan seperti apa diri Anda dan masih layak pakai.

Ambil tiga plastik sampah yang telah dilabeli nama, seperti 'Untuk Disumbangkan', 'Untuk Dijual', dan 'Masih digunakan'.

Lemari Anda akan bersih dengan baik bila dilakukan dengan cara ini. Kini tidak perlu bingung lagi bukan mencari pakaian yang akan menjadi gaya favorit Anda?

Belanja dengan pintar

Kebanyakan wanita ketika melihat pakaian bagus dan murah selalu langsung membelinya. Padahal belum tentu ia gunakan keesokan harinya.

Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan. Bila masih bingung, coba lihat referensi inspirasi Anda. Hal itu akan membantu agar tidak tergoda untuk membeli hal-hal yang tidak perlu dibeli.

Gaya hidup

Isi lemari yang sempurna tidak hanya mewakili visi dan kreativitas, tetapi juga disesuaikan dengan gaya hidup Anda.

Bila menginginkan gaya yang mencerminkan kepribadian, harus disertai dengan bidang pekerjaan Anda, dan gaya hidup secara keseluruhan.

Sesuaikanlah cara berbusana dengan lingkungan tempat Anda bekerja dan tempat Anda bersosialisasi. Jangan sampai salah kostum.

Tulis semua situasi yang Anda lalui selama seminggu, lalu simpan catatan tersebut saat Anda mulai bingung mencari gaya atau bisa jadi referensi saat membeli pakaian baru.

Percaya diri

Tidak peduli seberapa mahal pakaian, atau seberapa jauh Anda membelinya, bila tidak ada rasa percaya diri saat memakainya akan menjadi sia-sia. Mencari tahu gaya Anda sendiri tidak sulit, Anda cukup yakin dengan apa yang Anda kenakan.

Bantuan

Selain diri Anda, orang yang selalu melihat gaya berbusana adalah orang lain. Jangan takut untuk meminta bantuan orang lain yang lebih profesional dalam memilih gaya.

Hal itu bukan berarti Anda harus membayar mahal untuk stylish. Ketika berbelanja di sebuah toko, Anda bisa meminta pendapat dari penjaga toko pakaian apa yang cocok untuk tubuh.

Bisa juga meminta pendapat dari teman Anda yang mempunyai selera berpakaian yang cukup oke.

Aksesoris

Aksesoris adalah cara termudah untuk menarik perhatian terlepas dari pakaian yang Anda kenakan.

Anda bisa memadupadankan celana denim dan t-shirt putih dengan kalung tebal atau kalung berlapis agar tampilan tidak biasa.

Pilihlah aksesoris yang tidak terlalu ramai. Carilah aksesoris yang terkesan simpel tapi menunjukkan sisi karakter Anda.

Percaya insting

Hal yang terpenting untuk menemukan gaya sendiri adalah percayalah pada insting Anda. Maksudnya jangan terlalu fokus pada ukuran atau label desainer ternama. Itu hanya menghambat kreativitas Anda.

Teruslah bereksperimen dengan pola yang berbeda, tekstur, aksesoris, dan sepatu. Anda harus mencerminkan diri sendiri dalam setiap pakaian yang Anda kenakan. Bisa jadi suatu saat nanti gaya berbusana Anda akan ditiru oleh orang banyak. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section