1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Eksistensi PC dan Laptop Makin Tergerus Smartphone

2015 disebut-sebut menjadi zaman tergelap bagi penjualan PC dan Laptop semenjak 2008 silam.

By Nur Chandra Laksana 15 Januari 2016 14:25
ilustrasi beli laptop (sumber : iamyourguide.com)

Money.id - Jika penjualan ponsel pintar dan tablet pada 2015 sedang mengalami kenaikan yang signifikan, maka penjualan PC dan laptop justru sebaliknya. Bahkan, penurunan penjualan ini disebut-sebut menjadi yang terparah bagi sejarah industri PC dan laptop.

Sebelum natal 2015 lalu, banyak yang berspekulasi bahwa penjualan PC dan laptop akan mengalami kenaian saat musim liburan. Namun, yang terjadi adalah sebaliknya.

Jika anda milhat tabel diatas, terlihat jelas bahwa dibandingkan kuartal yang sama pada 2014 lalu, terjadi penurunan angka penjualan dari hampir seluruh vendor. Contohnya adalah HP, yang dipaksa mengalami penurunan penjualan hingga 10.1 persen.

Di sisi lain, Asus dapat mempertahankan penjualan mereka dengan angka kenaikan 0.8 persen. Sedangkan Apple berhasil menaikkan penjualan mereka sebanyak 2,8 persen, dengan dominasi penjualan berfokus di laptop MacBook milik mereka.

Secara keseluruhan, menurut yang dikutip dari laman Engadget, Jumat 15 Januari 2016, penjualan PC dan laptop menurun sebesar 10.6 persen. Kondisi ini membuat penurunan penjulan PC dan Laptop lebih buruk dibandingkan dengan 2008 lalu.

Sementara berdasarkan data yang dirilis IDC, tren penurunan penjualan ini akan terlus berlanjut pada kuartal berikutnya.

Alasan utama penurunan ini dipicu semakin meningkatnya performa smartphone dan tablet dari tahun ke tahun. Dan yang terpenting, harga jual keduanya rata-rata lebih murah dibanding PC dan laptop. (dhi)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section