1. HOME
  2. DIGITAL
HACKER

Curi Data Kartu Kredit, Hacker Muda Dibui 3 Abad

Sebelumnya, Onur sudah sempat diganjar 199 tahun penjara di tahun 2013.

By Adhi 15 Januari 2016 09:33
Onur Kopcak (thehacktoday.com)

Money.id - Seorang hacker muda asal Turki diganjar hukuman yang sangat berat. Bagaimana tidak, masa kurungan yang dibebankan pada pria bernama lengkap Onur Kopcak itu nyaris sama lamanya dengan penjajahan Belanda di Indonesia.

Akibat kasus kriminal cyber yang sangat banyak dan berbahaya, pria berumur 26 tahun itu mendapat hukuman penjara selama 334 tahun!

Menurut yang dilaporkan laman The Register, Kamis 14 Januari 2016, Onur terbukti bersalah atas pencurian data kartu kredit 11 orang, berimbas pada dakwaan 135 tahun hukuman penjara.

Masa tahanan satu abad lebih itu menambah daftar panjang hukuman Onur yang sebelumnya sudah sempat diganjar 199 tahun penjara di tahun 2013. Jadi, jika ditotal, Onur adalah hacker yang menerima masa hukuman kurungan paling lama di dunia.

Hukuman 199 tahun penjara Onur diterima akibat kasus pencurian data 43 nasabah bank. Pengadilan Turki sendiri diketahui menjadi 'meja hijau' paling ganas bagi hacker. Hakim-hakim di Turki tidak segan-segan memberikan hukuman melebihi masa umur manusia, dan bukti paling sahihnya adalah Onur.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section