1. HOME
  2. NEWS
HACKER

Website Sempat Dikuasai Hacker, Ini Penjelasan Setkab

Dari hasil analisis, ditemukan bahwa peretas melakukan hal itu melalui plugin Content Management System (CMS) dari website.

By Adhi 25 Desember 2015 18:08
Seretaris Kabinet (Setkab), Pramono Anung (merdeka.com)

Money.id - Pasca mengalami pertasan, website Sekretariat Kabinet (Setkab) akhirnya kembali normal. Peretas mengganti tampilan laman milik pemerintah RI itu dengan gambar bergerak dengan format gif. Kemudian mereka membubuhi dengan pesan bertuliskan, "Hello from the dark side, may force be with you".

Peretas menyisakan latar biru khas laman ini yang terdapat tulisan 'Sekretariat Kabinet Republik Indonesia'. Hingga saat ini belum jelas siapa peretas yang mengganti laman lembaga pemerintahan di bawah Presiden RI tersebut.

Menyikapi hal ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan analisa terkait peretasan di website resmi Sekretariat Kabinet (Setkab). Dari hasil analisis, ditemukan bahwa peretas melakukan hal itu melalui plugin Content Management System (CMS) dari website.

"Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut," kata Pramono dalam siaran persnya.

Oleh sebab itu, pihaknya telah melakukan serangkaian cara agar dapat mengembalikan tampilan website seperti semula. Pertama, menghilangkan gambar hasil peretasan sehingga tampilan setkab.go.id dapat kembali seperti semula. Kemudian, langkah yang kedua, dengan cara mengamankan data yang tersimpan dalam situs, terutama mengamankan halaman admin pengelola setkab.go.id.

"Langkah ini sebagai upaya pencegahan jika ada peretasan berikutnya," ujarnya.

Setelah itu, langkah yang terakhir adalah melakukan pengamanan situs setkab.go.id pasca peretasan. Langkah ketiga tersebut di antaranya dengan meminta Kemenko Polhukam, Kepolisian RI yang membidangi cyber crime, dan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan kajian dan penyelidikan atas peristiwa peretasan tersebut.

Setelah ditempuh beberapa langkah, terutama langkah pertama dan kedua, data yang sebelumnya sempat hilang, sedikit demi sedikit dapat dipulihkan kembali. Sejak pukul 18.45 WIB, situs setkab.go.id telah beroperasi kembali seperti sedia kala, katanya.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section