1. HOME
  2. DIGITAL
HACKER

Waspada! Hacker Incar Para Pengguna LinkedIn

Dicurigai bahwa mayoritas akun palsu LinkedIn itu dimotori oleh kelompok hacker yang berbasis di Iran dan wilayah sekitarnya.

By Adhi 13 Oktober 2015 12:34
Ilustrasi (socialmediatoday.com)

Money.id - Kabar buruk bagi para pengguna jejaring sosial profesional LinkedIn. Menurut laporan yang dirilis Dell SecureWorks, telah ditemukan beberapa akun LinkedIn palsu yang mencoba menjalin koneksi dengan para pengguna. Akun-akun palsu tersebut akan mengirimkan pesan sampah berupa iklan dan mencari korban potensial pembajakan.

Dalam laporannya, Dell SecureWorks menyebutkan bahwa akun-akun palsu tersebut dikelola dengan sangat baik sehingga membuat target percaya bahwa akun tersebut adalah asli.

"Tingkat kedetilan dari profil palsu tersebut mengindikasikan bahwa para pelaku di balik ini menginvestasikan banyak waktu serta usaha untuk menciptakan dan memeliharanya," ungkap tim Dell SecureWorks seperti yang dikutip dari laman CNBC, Rabu, 13 Oktober 2015.

Meski begitu, pihak Dell SecureWorks belum mengetahui secara pasti rencana dan incaran para hacker tersebut. Yang pasti, dicurigai bahwa mayoritas akun palsu itu dimotori oleh kelompok hacker yang berbasis di Iran dan wilayah sekitarnya.

Menanggapi kondisi ini, pihak LinkedIn pun bergerak cepat. Mereka mengklaim telah memblokir akun-akun yang memiliki profil palsu tersebut. LinkedIn juga menyarankan agar pengguna tetap waspada dan tidak menerima begitu saja permintaan koneksi dari orang yang tak dikenal.

Dan yang terpenting, pengguna diharapkan untuk tidak langsung meng-klik tautan (link) yang dikirimkan orang tak dikenal pada fitur pesan pribadi. Besar kemungkinan link tersebut akan mengarahkan pengguna ke laman web yang telah disusupi malware.

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section