1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Marah ke Netizen Soal Natal, Ridwan Kamil: Kamu Tuhan?

Beberapa netizen menanggapi negatif kegiatan Kang Emil menyambangi gereja-gereja di Bandung saat malam Natal.

By Dwifantya Aquina 25 Desember 2015 11:53
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Facebook)

Money.id - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil marah. Saat ia memposting kegiatan pengawasan malam Natal di Kota Kembang itu ke laman fanpage Facebook resminya, ada netizen yang terang-terangan menentang aksi tersebut.

Pada Kamis malam, 24 Desember 2015, Kang Emil--sapaan akrabnya-- mengunggah status dan beberapa foto kegiatan Misa Natal di beberapa gereja di Kota Bandung.

"Sebagai Walikota semua umat di Bandung, malam ini, bersama muspida (wakapolres, dandim, sekda) mengunjungi gereja ke gereja untuk memastikan umat kristiani bisa melaksanakan Natal dengan lancar. Semoga damai selalu hadir di setiap diri kita. Di malam ini juga, bersamaan kegiatan Maulid Nabi juga berlangsung lancar di semua kecamatan yang sebagian dipantau kelancarannya oleh Wakil Walikota. Indahnya damai di kota Bandung," tulisnya.

Seakan sudah memprediksi akan ada pro dan kontra pada kegiatan tersebut, Kang Emil turut menambahkan, "Untuk semua komen, jawabannya: Innama'l a'malu binniyat."

Yang artinya, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan (pahala) sesuai niatnya."

Ternyata benar saja, beberapa netizen berkomentar kontra. Salah satunya akun Mochamad Adamrasyad Iqbal. "Saya harap Pak Emil jaga bicara ya di atas panggung. "Untukmu agamamu, untukkulah agamaku" Al-Kafirun Ayat 6," tulis Iqbal.

Komentar ini kemudian langsung dibalas oleh Kang Emil. Tampaknya orang nomor satu di Kota Bandung itu geram dengan tanggapan Iqbal.

"Gak usah maen ancam mengancam ama saya. saya tau persis apa yg saya pertanggungjawabkan," katanya.

Kemudian, netizen lain yang turut berkomentar adalah akun PuputTyy. "Smoga pk wali bisa kaya endorgan, ngajinya pinter, membela islam, toleransi boleh jangan ikut"an masuk greja lah pak," tulisnya.

Lagi-lagi Kang Emil membalasnya. Kali ini ia memberikan penjelasan cukup panjang.

"Puput sayang, saya tidak mau kayak erdogan. saya mau jadi diri saya sendiri. Kalo saya seorang warga biasa, dalil tidak boleh itu bisa dipahami. Saya ini pemimpin semua umat beragama. Ada kewajiban melindungi. surga nerakanyapemimpin ada pada adil tidaknya keputusan untuk umatnya. Saya sdh disumpah untuk adil pada SEMUA warga Bandung. Kamu tau dari mana, bisa mengukur kadar akidah saya? Kamu Tuhan? Kenapa juga kamu masih haha hihi pake facebook/IG punya Yahudi? NKRI juga sudah memutuskan falsafahnya dengan Pancasila bukan dengan piagam Jakarta. hatur nuhun."

Pernyataan Ridwan Kamil ini langsung menjadi viral di media sosial. Banyak yang mendukung ucapannya.

"merinding sy pak... bapak walikota teladan smile emoticon. seharusnya umat islam bersifat toleran sprti bapak," tulis salah seorang netizen.

 

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section