1. HOME
  2. NEWS
KEJAHATAN INTERNET

Situs Setkab RI Diretas Orang Tak Dikenal

Peretas menulis pesan "Hello from the dark side, may force be with you".

By Rohimat Nurbaya 24 Desember 2015 18:35
Laman Setkab RI Diretas (Dream.co.id)

Money.id - Situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab RI) diretas. Laman resmi pemerintah itu tiba-tiba tidak diakses pada Kamis, 24 Desember 2015.

Peretas mengganti tampilan laman milik pemerintah RI itu dengan gambar bergerak dengan format gif. Kemudian mereka membubuhi dengan pesan bertuliskan, "Hello from the dark side, may force be with you".

Data gambar bergerak itu terlacak bersumber pada laman Gihphy yang menyediakan layanan penyimpanan data berformat gif. Namun peretas tidak mengganti keseluruhan laman tersebut.

Peretas menyisakan latar biru khas laman ini yang terdapat tulisan 'Sekretariat Kabinet Republik Indonesia'. Hingga saat ini belum jelas siapa peretas yang mengganti laman lembaga pemerintahan di bawah Presiden RI tersebut.

Ini bukan kali pertama laman setkab.go.id dibobol. Sebelumnya, pada 2008, laman tersebut juga pernah dibobol. Peretas mengganti tampilan tulisan 'Merdeka Tapi Bingung' pada laman utama situs tersebut. Pelaku pembobolan dikenal dengan nama alias ixsso.dll.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section