1. HOME
  2. DIGITAL
HACKER

5 Hacker Paling 'Sakti' di Dunia

Mereka telah mencatatkan kasus-kasus peretasan yang sangat fenomenal.

By Adhi 11 Januari 2016 14:23
Ilustrasi hacker (digitaltrends.com)

Money.id - Hacker secara garis besar dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu "hacker putih" (White-hat Hackers) dan "hacker hitam" (Black-hat Hackers).

Julukan white-hat hackers disematkan kepada mereka yang menggunakan kemampuan komputasinya untuk hal-hal positif seperti mengembangkan teknologi sistem keamanan, sehingga hasil temuannya itu dapat dimanfaatkan demi kemaslahatan masa depan dunia teknologi.

Sementara para black-hat hackers adalah mereka yang memanfaatkan keahliannya untuk hal-hal negatif, mulai dari aksi usil semata hingga kriminal.

Sejauh ini, sudah banyak sekali aksi dari kaum black-hat hackers yang sangat merugikan. Namun di antara kasus-kasus yang ada, tercatat beberapa yang sangat fenomenal sehingga hacker pelakunya disegani dan menjadi incaran otoritas keamanan.

Bagi Anda yang belum tahu, berikut adalah 5 hacker paling disegani di dunia versi Business Insider:

1. Adrian Lamo

Lamo dikenal sebagai "Homeless Hacker" karena gaya hidupnya yang tak pernah menetap di suatu tempat terlalu lama. Ia populer berkat keberhasilannya meretas ke dalam sistem komputasi internal milik media The New York Times.

Dari situ ia ditengarai mengusai lebih dari 3.000 data pribadi pembaca dan kontributor The New York Times. Lamo pun tertangkap dan dijatuhi hukuman dua tahun masa percobaan dan denda sebesar US$65.000 atau sekitar Rp905,45 juta.

Namun hal itu tidak menghentikan aksinya. Di tahun 2014, Lamo kembali meretas dan membocorkan sejumlah dokumen rahasia milik Angkatan Darat AS.

2. Vladimir Levin

Levin adalah hacker asal Rusia. Di tahun 1995 ia berhasil membobol sistem keamanan Citibank dan berhasil mencuri uang sebesar US$10 juta. Menariknya, Levin tidak memanfaatkan internet untuk melakukan aksinya itu.

Ia meretas dengan cara menyadap sistem komunikasi bank dan mencatat seluruh informasi pribadi milik nasabah bank. Menariknya lagi, Levin dilaporkan tidak pernah tertangkap. Ia justru menyerahkan diri dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara dan denda sebesar US$240.000  atau sekitar Rp3,3 miliar.

3. Gary McKinnon

McKinnon adalah hacker asal Skotlandia yang berhasil menyusup ke 97 jaringan militar AS pada periode tahun 2001-2002. Ia bahkan sempat menghina militer AS dengan meninggalkan pesan di dalam komputer yang berbunyi, "Sistem keamanan Anda adalah omong kosong."

Selain itu, McKinnon juga selalu mengklaim bahwa dia bisa membuktikan bahwa alien sempat datang ke bumi. Hingga kini McKinnon tidak pernah ditangkap. Ia berada di bawah suaka pemerintah Inggris.

4. Max Ray `Iceman` Butler

Max Ray Butler, atau lebih dikenal dengan sebutan 'Iceman' awalnya berprofesi sebagai konsultan keamanan komputasi. Namun kemampuan yang dimilikinya membuat ia tergoda.

Pada tahun 2007, Iceman ditangkap atas tuduhan pencurian data 2 juta kartu kredit dan melarikan uang sebesar US$86 juta. Ia pun dijatuhi hukuman 13 tahun penjara.

5. Kevin Mitnick

Mitnick hingga saat ini mungkin masih diakui sebagai `dewa` para hacker. Semasa mudanya, Mitnick pernah menyabotase jaringan telepon untuk tujuan telepon gratis. Lalu ia pun pernah mencuri berbagai dokumen rahasia milik sejumlah perusahaan seperti Sun Microsystems dan Novell.

Puas  bermain-main, ia pun memtuskan untuk melakukan sesuatu yang lebih serius. Di tahun 1995, Mitnick menjadi momok bagi lembaga intelijen AS. Ia tercatat berhasil meretas jaringan komunikasi NSA dan CIA.

Kini Mitnick bekerja sebagai konsultan keamanan komputasi profesional. (ita)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section