1. HOME
  2. DIGITAL
TELKOMSEL

Jelang Gerhana Matahari, Operator Seluler Antisipasi Lonjakan Trafik

Penguatan jaringan dilakukan oleh Telkomsel dan XL di beberapa lokasi saat terjadinya peristiwa penting ini.

By Adhi 7 Maret 2016 18:57
Indonesiatravel.com

Money.id - Pada Rabu, 9 Maret 2016 mendatang, Indonesia akan menjadi pusat perhatian dunia. Pasalnya, gerhana matahari total akan melintasi 12 provinsi di Indonesia pada 9 Maret 2016.

12 Provinsi yang akan mengalami peristiwa langka ini adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Dalam rangka mempersiapkan jaringan telekomunikasi jelang peristiwa gerhana matahari total, sejumlah operator seluler tanah air pun telah mempersiapkan diri.

Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan, Telkomsel memastikan kualitas layanan seluler yang maksimal kepada pelanggan pada 9 Maret mendatang.

Penguatan jaringan dilakukan di beberapa lokasi saat terjadinya peristiwa penting ini, seperti di Palembang, Linggau, Bangka, Belitung, Balikpapan, Palangkaraya, Palu, Ternate, Tidore, Halmahera (Maba), di mana Telkomsel memprediksi akan terjadi peningkatan aktivitas, khususnya pada layanan data internet.

Di beberapa lokasi, bahkan layanan Internet cepat Telkomsel 4G LTE pun sudah dapat dinikmati oleh pelanggan, seperti di Palembang, Belitung, Balikpapan & Palu.

"Dibandingkan dengan hari normal, lalu lintas layanan data diperkirakan akan mengalami lonjakan yang cukup tinggi bahkan hingga lebih dari 200 persen di beberapa lokasi. Hal ini disebabkan oleh perilaku masyarakat saat ini yang senang untuk mengunggah momen-momen penting ke media sosial dalam bentuk foto atau video melalui ponselnya," jelas Sukardi sperti dikutip dari Merdeka.com.

Tak berbeda dengan Telkomsel, XL juga telah melakukan persiapan guna mengantisipasi lonjakan telekomunikasi, terutama di wilayah Belitung yang diklaim sebagai tujuan utama wisata peristiwa gerhana matahari total.

"Masyarakat dan wisatawan di Belitung dipastikan dapat menikmati layanan internet cepat 4G LTE saat menyaksikan peristiwa Gerhana Matahari Total pada 9 Maret mendatang," ujar Yessie D Yosetya, Chief Service Management Officer XL seperti dikutip dari laman Techno.id.

Yessie mengatakan jika tahap awal persiapan telah dimulai sejak satu bulan terakhir. Pihak XL kabarnya telah menyiapkan 10 BTS 4G LTE yang akan melayani kota Tanjung Pandan, Tanjung Binga hingga Tanjung Tinggi, dan Manggar di wilayah Belitung Timur.

"Hampir seluruh area Belitung terlayani XL, di mana lebih dari 120 BTS adalah 3G. Dengan perpaduan layanan data 3G dan 4G LTE dari XL, diharapkan wisatawan makin mempopulerkan keindahan Belitung sebagai salah satu destinasi wisata utama nasional dan internasional melalui momentum Gerhana Matahari Total," jelas Yessie.

Belitung sendiri diperkirakan akan kedatangan ribuan wisatawan domestik dan mancanegara. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Total dari salah satu pantai indah Belitung, yakni Pantai Tanjung Kelayang.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section