1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Pembuat Surel Meninggal di Usia 74 Tahun

Pertama kali diciptakan pada 1971, teknologi buatan Ray Tomlinson dianggap langkah revolusioner

By Nur Chandra Laksana 7 Maret 2016 12:03
Ray Tomlinson (ubergizmo.com)

Money.id - Di zaman yang serba digital seperti ini, pengiriman surat, data, dan dokumen memang lebih banyak dikirim melalui surel. Hal ini dikarenakan mudah dan cepatnya berkirim hal-hal tersebut melalui surel jika dibandingkan menggunakan pos untuk mengirimnya.

Namun, sang pencipta surel, Ray Tomlinson telah meninggal dunia di umurnya yang ke 74 tahun. Pemenyab kematiannya dikabarkan karena menglami kegagalan jantung, seperti dilansir dari laman Ubergizmo.

Pertama kali diciptakan pada 1971, saat ARPANET Days diselenggarakan, Ray membuat sistem yang membuat surel bisa dikirmkan melalui beberapa sumber. Memang, langkah ini dianggap sebagai langkah revolusioner, karena pada awalnya surel hanya bisa dikirim dan di baca oleh pengguna komputer yang sama.

Uniknya, sebagai pembeda antara manusa dengan mesin, Ray menggunakan simbol ‘@’. Hingga saat ini, penggunaan simbol ini masih digunakan untuk memsiahkan antara manusia dan mesin oleh banyak peyedia jasa lainnya selain surel.

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge pada 2012 silam, Ray mengatakan bahwa surel adalah cara yang paling mudah untuk meninggalkan pesan, bahkan jika dibandingkan dengan meninggalkan pesan lewat telepon.

“Setiap orang terkekang oleh ide bahwa mereka bisa meninggalkan pesan di komputer. Namun, seiring perkembangan jaringan dan cepatnya pertumbuhan alat pendukung lainnya, hal ini menjadi alat yang paling berguna : surel membuka pintu untuk menjangkau jutaan orang lainnya di dunia,” sebut Ray.

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section