1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Google Segera Luncurkan Ponsel Android Milik Mereka Sendiri

Langkah ini dinilai sama persis dengan apa yang dilakukan Apple.

By Nur Chandra Laksana 28 Juni 2016 11:30
Google Nexus (google.com)

Money.id - Setelah sekian lama menggandeng produsen ponsel pintar lain untuk memproduksi ponsel Nexus mereka, Google akhirnya membuat ponselnya sendiri. Mungkin terlihat sebagai sebuah langkah yang terlambat dilakukan, namun bagi Google saat ini adalah waktu yang paling tepat.

Dilansir dari laman Telegraph, untuk mewujudkan proyek ini, Google kini sedang melakukan diskusi terhadap beberapa perusahaan telekomunikasi di Amerika Serikat. Langkah ini dinilai sama dengan apa yang dilakukan Apple terhadap produk yang dibuatnya.

Keputusan ini juga dinilai sebagai tantangan tersendiri bagi Google. Pasalnya, selama ini mereka hanya banyak berkutat di bidang pengembangan perangkat lunak saja.

Namun, keputusan ini dinilai sebagai metode untuk memastikan keselamatan aplikasi mereka di tengah perpecahan platform Android akibat perubahan yang dilakukan oleh pihak vendor. Pasalnya, beberapa vendor besar kini sudah mulai memiliki sistem operasi Android yang mereka kostumasi sendiri.

"Mereka (Google) sangat khawatir akan perpecahan di tubuh Android, Android seharusnya menjadi platform yang terkontrol," ujar Ben Wood, pengamat dari CSS Insight.

Selain alasan tersebut, Google juga memperhatikan pendistribusian sistem operasi terbaru yang harusnya hadir secara cepat kepada pelanggan. Dengan modifikasi sistem operasi yang dilkaukan oleh vendor, maka berimbas pada keterlambatan pengguna untuk mendapatkan pembaharuan.

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section