1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

5 Langkah Mudah Lindungi Perangkat Elektronik dari Serangan Malware

Pikirkan sebelum Anda mengklik. Membuka lampiran yang salah dapat membawa malware ke sistem Anda.

By Nur Chandra Laksana 19 April 2016 19:30
Serangan Malware (entrust.com)

Money.id - Melindungi data pribadi di dalam perangkat elektronik memang sebuah keharusan. Selain untuk melindungi kita dari kerugian materil, namun pengamanan data juga dapat menghindari kita dari pebuatan kriminal yang membahayakan jiwa.

Untuk itu, para ahli dari Symantec yang bergerak dalam bidang penyedia jasa keamanan cyber, memberikan beberapa tips bagaimana mengurangi kesempatan dalam pencurian data.

Dalam media update mengenai laporan Internet Security Thread Report (ISTR) yang diadakan pada Rabu, 20 April 2016 di Jakarta, Director System Engineering Symantec Asean, Halim Santoso memberikan tips mengamankan data Anda.

"Untuk mengamankan data, Anda hanya harus mengikuti lima langkah mudah," tutur Halim.

Kelima langkah tersbut adalah pertama-tama menggunakan kata sandi yang kuat. Setelah itu ubahlah sandi setiap tiga bulan dan jangan pernah gunakan sandi Anda kembali. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan password manager  untuk lebih melindungi informasi Anda.

Langkah kedua adalah pikirkan sebelum Anda mengklik. Membuka lampiran yang salah dapat membawa malware ke sistem Anda. Jangan pernah melihat, membuka, atau menyalin lampiran email kecuali Anda mengharapkan email tersebut dan mempercayai pengirimnya.

Langkah ketiga adalah lindungi diri Anda. Satu ons perlindungan bernilai satu kilogram pengobatan. Gunakan solusi  keamanan internet yang meliputi antivirus, firewalls, perlindungan browser, dan perlindungan yang telah terbukti dari serangan online.

Langkah keempat, waspada terhadap taktik scareware. Versi perangkat lunak yang mengklaim bebas diretas dan dibajak dapat mengekpos Anda ke malware. Engineering social dan serangan ransomware akan mencoba untuk menipu Anda untuk berfikir bahwa komputer Anda terinfeksi dan membuat Anda membeli software yang tidak berguna dan membayar sejumlah uang untuk menghilangkannya.

Langkah kelima, lindungi Data Pribadi Anda. Informasi yang Anda bagikan secara online memberikan risiko serangan rekayasa sosial yang lebih besar. Batasi jumlah informasi pribadi yang disebarkan di jejaring sosial dan online, termasuk informasi login, tanggal lahir, dan nama hewan peliharaan.

Baca Juga

(aa/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section