1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

E-Skin, Wearable yang 'Menyatu' dengan Kulit

Teknologi ini bisa saja menggantikan ponsel pintar ke depannya.

By Nur Chandra Laksana 18 April 2016 12:01
E-Skin (University of Tokyo)

Money.id - Jumlah pemakai produk wearable--perangkat yang terkoneksi dengan ponsel pintar--yang bisa dipakai di tubuh--memang terus bertambah dari tahun ke tahun. Belum lagi, perkembangan wearable yang semakin maju membuat beberapa perangkat mereka seperti smartwatch makin banyak memiliki fungsi ketimbang beberapa tahun ke belakang.

Namun, pernahkah Anda membayangkan masa depan dari wearable tersebut? Sekelompok peneliti dari University of Japan baru-baru ini membuat sebuah perangkat yang disebut dengan E-Skin atau electronic skin seperti dilansir dari laman Newscientist, Jumat 15 April 2016.  

Bentuk dari E-Skin ini memang terlihat futuristik. Hal ini dikarenakan perangkat elektronik yang digunakan sangatlah tipis, dengan material yang menyerupai warna kulit sang pemakai sehingga membuat perangkat ini seakan-akan 'menyatu' dengan kulit penggunanya.

Di atas E-Skin ini terdapat sebuah panel digital transparan yang terhubung dengan sebuah kabel. Nantinya, panel ini akan memproyeksikan angka dan huruf dalam berbagai warna sesuai dengan pilihan sang pemakai.

E-Skin ini juga dilengkapi dengan fitur yang terdapat di smartwatch lainnya, seperti pengatur denyut nadi, dan bahkan perangkat yang sangat tipis ini mampu mengukur kadar oksigen dalam darah pemakainya.

Selain itu, para peneliti perangkat tersebut juga mengungkapkan bahwa bisa saja teknologi ini dapat menggantikan ponsel pintar ke depannya. Namun, para pengembang teknologi masih mengembangkan dan menyempurnakan fitur tersebut.

Jika teknologi ini berhasil, bagaimana menurut Anda? Apakah ponsel yang menempel di kulit akan menjadi tren di masa depan? Tuliskan komentar Anda di bawah ini. (poy)

 

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section