1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

China Berhasil Bikin Robot yang Sangat Menyerupai Manusia

Robot wanita yang bernama Jia Jia ini mampu mengeluarkan beberapa ekspresi.

By Nur Chandra Laksana 17 April 2016 17:01
Jia Jia (xinhuanet)

Money.id - University Science and Technology of China (USTC) baru saja meluncurkan sebuah ciptaan terbaru mereka, yakni robot yang sangat menyerupai dengan manusia. Robot dengan nama Jia Jia ini memiliki penampakan yang sangat miirip dengan manusia sesungguhnya.

Dilansir dari laman Xinhuanet, Minggu 17 April 2016, robot yang dikembangkan selama tiga tahun ini memang menunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh peneliti di USTC.

Selain bentuk, Jia Jia juga memiliki kemampuan sinkronisasi yang sangat baik dalam membuat gerakan bibir dengan kata-kata yang dilontarkan olehnya. Jia Jia memang diprogram secara mendetail sampai di level terkecil untuk menirukan gerakan manusia sesungguhnya.

 

 

Seperti terlihat di atas, robot tesebut dapat menjawab pernyataan yang dilontarkan oleh para peneliti. Selain itu, robot ini juga dapat mengekspresikan perasaannya saat kamera menghampirinya.

“Jangan terlalu dekat saat Anda mengambil gambar saya. Hal itu dapat membuat saya terlihat gemuk,” tutur Jia Jia.

Namun, USTC menyebutkan, meskipun sudah ada beberapa ekspresi yang ditanam di robot ini, tetap saja ekspresi menangis dan tertawa belum bisa dimasukkan ke dalam robot ini. Namun, ke depannya USTC akan mengusahakan hal tersbut untuk dimasukkan ke dalam Jia Jia.

Jia Jia kini sedang dipersiapkan untuk diperkenalkan di ajang Shanghai International Technology Fair mulai dari 21 hingga 23 April mendatang. (poy)

 

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section