1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Stephen Hawking dan Mark Zukerberg Ikut Cari Kehidupan Luar Angkasa

Proyek ini juga didanai oleh Yuri Milner, dengan tambahan dana sebesar Rp1,3 triliun.

By Nur Chandra Laksana 18 April 2016 10:23
Blue Origin (wired.com)

Money.id - Fisikawan terkemuka dunia, Stephen Hawking dan pendiri media sosial Facebook, Mark Zuckerberg dikabarkan menjalin kerjasama. Namun, bukan hanya sekadar kerjasama biasa yang dilakukan kedua orang terkenal ini, namun mereka bekerjasama untuk mencari kehidupan di luar angkasa.

Dilansir dari laman Time, proyek raksasa ini akan didanai oleh miliarder internet asal Rusia yang bernama Yuri Milner. Tak tanggung-tanggung, Yuri menggelontorkan dana sebanyak US$100 juta, atau sekitar Rp1,3 triliun untuk proyek tersebut.

Milner mengumumkan pada Selasa 12 April lalu bahwa ia meminta bantuan Hawking dan Zuckerberg untuk menemukan kehidupan di luar angkasa.

Sebagai permulaan, proyek ini akan melakukan studi kelayakan dengan mengirim sekelompok pesawat ruang angkasa mini, yang masing-masing beratnya kurang dari satu ons, ke sistem bintang Alpha Centauri.

Didorong oleh energi laser raksasa di Bumi, pesawat-pesawat ruang angkasa mini itu akan terbang dengan kecepatan seperlima kecepatan cahaya. Target mereka adalah mencari planet yang memiliki potensi mendukung kehidupan.

Hingga saat ini belum ada planet seperti itu yang pernah ditemukan di Alpha Centauri, tetapi para ahli mengatakan sebuah tanda telah mengarah ke arah sana.

Pesawat ruang angkasa mini tersebut akan membutuhkan waktu 20 tahun untuk mencapai sistem bintang Alpha Centauri, di mana mereka akan melakukan pengamatan dan mengirim kembali datanya ke Bumi. (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section