1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER NUSANTARA

Mengulik Asal-usul Mi Aceh, Kuliner Khas Serambi Mekah

Kuah mi Aceh yang mirip dengan kari ini membuktikan bahwa ada perpaduan budaya India dalam masakan tersebut.

By Azalia Amadea 22 Oktober 2016 13:07
Mi Aceh (foody.com)

Money.id - Aceh memiliki beragam keunikan, tidak terkecuali ragam kulinernya yang dapat membuat rindu akan rasanya. Sebut saja ayam tangkap, kopi Aceh, kuah pilek, kuah asam, serta mi Aceh yang paling banyak diminati.

Makanan berbahan dasar mi kuning ini bahkan sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Kuahnya yang gurih dengan sedikit sentuhan pedas serta kuat aroma rempah-rempahnya membuat mi Aceh mudah disukai. 

Mi Aceh
© 2016 money.id/selerasa

Melansir rumohmieaceh.blogspot.co.id, Jumat 21 Oktober 2016, kemunculan pertama mi ini hingga sekarang belum diketahui. Hanya saja, cita rasa kuat dari rempah-rempahnya sudah dapat menggambarkan bahwa dalam sepiring mi Aceh ada perpaduan budaya lokal maupun asing.

Kuah mi Aceh yang mirip dengan kari ini membuktikan bahwa ada perpaduan budaya India dalam masakan tersebut. Sementara mi kuningnya mengadopsi budaya China. Penyajiannya dengan tambahan potongan daging kambing atau sapi juga menunjukkan bahwa ada nilai-nilai Islam dalam hidangan berwarna kemerahan itu. (poy) 

Selengkapnya baca di sini!

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section