1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Suka Makan Nasi Uduk? Yuk, Intip Kisah Asal-usul Nasi Uduk

Nasi uduk disajikan dengan beberapa lauk pendamping seperti ayam goreng, semur tahu, kering tempe, telur balado, bihun goreng, dan lain-lain.

By Dian Rosalina 22 Oktober 2016 07:10

Money.id - Siapa sih yang tak kenal nasi uduk? Salah satu kuliner khas Jakarta ini bisa didapati di mana pun Anda berada. Kuliner ini pun disukai mulai dari kalangan elite sampai kalangan menengah ke bawah. Jadi, bisa dibilang nasi uduk sebagai makanan yang bisa disantap oleh semua kalangan.

Nasi uduk terbuat dari beras yang diaron terlebih dulu kemudian dicampur dengan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, lalu dikukus hingga matang. Nasi uduk biasanya disajikan dengan beberapa lauk pendamping seperti ayam goreng, semur tahu, kering tempe, telur balado, bihun goreng, gorengan, dan masih banyak lagi.

Image result for nasi uduk semur jengkol

(Nasi Uduk/Titiw)

Ternyata di balik kelezatan sepiring nasi uduk, tersimpan sejarah perjuangan rakyat Indonesia di masa penjajahan Belanda untuk bertahan hidup. Makanan ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 sampai ke-16 yang datang lewat proses perdagangan antar negara.

Mau tau kisah lebih lanjut mengenai asal-usul nasi uduk? Klik link berikut ini. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section