1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Apakah Makanan Anda Benar-benar Organik?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ASAP Science produk-produk tersebut tidak semuanya 100 persen organik.

By Azalia Amadea 18 Oktober 2016 11:10
Ilustrasi makanan organik (pixabay.com)

Money.id - Makanan organik biasanya lebih dipilih karena dianggap sehat dan jauh dari pestisida. Tapi apakah makanan organik 100 persen aman dan tidak mengandung pestisida?

Melansir laman foodbeast.com, Selasa 18 Oktober 2016, menurut penelitian yang dilakukan oleh ASAP Science produk-produk tersebut tidak semuanya 100 persen produk organik.

Beberapa sayuran dan buah organik mengandung pestisida 'alami.' Pestisida alami tersebut memang dibolehkan untuk digunakan pada tanaman-tanaman organik agar tetap tumbuh segar dan tidak terserang hama. Terdapat lebih dari 20 jenis pestisida alami yang diperbolehkan untuk digunakan pada jenis tanaman organik. 

Persentase makanan organik
© 2016 money.id/foodbeast

Lalu bagaimana membedakannya? Anda dapat membedakannya dengan melihat langsung pada kemasan produk organik. Terdapat empat jenis produk organik dengan tingkat keaslian berbeda-beda.

Misalnya jika pada kemasan tertera label dengan tulisan 'organik' maka tingkat originalitasnya sekitar 95 persen. Sedangkan untuk produk makanan dan minuman dengan tulisan 'dibuat dengan bahan-bahan organik' maka hanya mengandung 75 persen bahan organik.

Sementara itu, pada kemasan produk dengan tulisan 'mengandung bahan-bahan organik' tingkat organiknya hanya sekitar 50 persen saja. Jadi, jika Anda ingin menemukan makanan atau minuman yang benar-benar organik cek terlebih dahulu kemasannya.

Pada kemasan makanan dan minuman yang benar-benar organik akan tertulis 100 persen organik. Biasanya makanan atau minuman yang tingkat organiknya tinggi, maka harganya juga akan semakin mahal. (dwq)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section