1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

7 Cara Agar Lebih Kaya di Tahun 2017

Tahun sudah akan berganti, tetapi kamu masih merasa stagnan? Bisa jadi karena kamu tidak punya target hidup.

By Dwifantya Aquina 21 Desember 2016 08:02
Ilustrasi keuangan (dailyfinance.com)

Money.id - Dalam hitungan hari, tahun 2016 akan berganti menjadi 2017. Ada baiknya sebelum tahun 2016 berakhir, kamu bercermin apakah dalam hal finansial hidupmu sudah lebih baik.

Jika jawabannya belum, tidak ada kata terlambat. Kamu masih bisa mengubah masa depan. Lakukan 7 cara ini agar kamu bisa menjadi lebih kaya, seperti dikutip CekAja.com.

Tentukan secara spesifik tujuan keuanganmu tahun depan

Tahun sudah akan berganti, tetapi kamu masih merasa stagnan? Bisa jadi karena kamu tidak punya target hidup. Coba tentukan target spesifik tujuan keuanganmu untuk tahun depan. Kamu bisa menargetkan untuk membeli rumah secara kredit tahun depan, atau membeli mobil pertamamu.

Cari informasi spesifik tentang rumah atau mobil yang paling cocok untukmu. Hal ini penting agar kamu punya gambaran berapa uang muka dan estimasi cicilan bulanannya yang harus dipersiapkan. Kamu pun akan lebih bersemangat menghadapi 2017 karena punya target yang jelas.

Evaluasi pengeluaran

Untuk melakukan hal ini kedengarannya gampang, tetapi sulit saat diterapkan. Agar berhasil melakukan evaluasi pengeluaran, kamu bisa mencatat setiap pengeluaran dalam jangka waktu tertentu misalnya 1 bulan. Setelah melewati 1 bulan, analisis catatanmu, coret pengeluaran yang tidak penting yang bisa kamu kurangi atau hilangkan.

Ke depannya, kamu harus bertekad untuk lebih bijak dalam menggunakan uang. Kamu juga akan menemukan tambahan uang hasil dari mengurangi atau menghilangkan pengeluaran yang tidak penting. Tambahan uang tersebut dapat kamu gunakan untuk menabung atau berinvestasi.

Coba renungkan, apakah kamu dan keluarga sudah benar-benar terlindungi?

Sepanjang tahun ini apakah ada kejadian yang merugikan secara finansial yang menimpa kamu atau keluargamu? Kejadian seperti sakit parah atau kecelakaan dalam perjalanan tak bisa diprediksi kapan akan datang. Pastikan kamu dan keluarga sudah memiliki perlindungan asuransi terbaik.

Asuransi yang perlu menjadi prioritas untuk kamu dan keluargamu adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi properti, dan asuransi kendaraan bermotor. Jika kamu tidak punya asuransi, berisiko mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit saat menghadapi kejadian-kejadian buruk itu. Pastikan kamu menghadapi 2017 dengan perlindungan yang memadai.

Pikirkan apakah perlu tambahan penghasilan?

Bagaimana hari-harimu selama 2016? Apakah penghasilanmu sudah mencukupi? Jika merasa masih kekurangan, kamu harus menambah penghasilan. Kamu bisa menjalankan bisnis atau pekerjaan sampingan. Persiapkan sejak sekarang sehingga tahun depan kamu tinggal menjalankannya.

Cek tabungan

Cek tabunganmu, berapa jumlahnya? Kamu pasti akan sedih bila ternyata kamu belum bisa menabung. Tahun akan berganti, ini saatnya mengubah kehidupanmu lebih baik lagi. Bulatkan tekad untuk mengurangi konsumsi dan memperbanyak tabungan.

Pastikan dana darurat sudah mencukupi

Perencana keuangan biasanya menyarankan jumlah dana darurat 3-12 kali pengeluaran bulanan, tergantung dari kondisi masing-masing orang. Bagi yang masih single, cukup mengumpulkan 3 kali pengeluaran bulanan, sementara yang sudah menikah 6-12 kali pengeluaran bulanan.

Dana darurat akan sangat bermanfaatkan untuk menghadapi kejadian tak terduga yang membutuhkan pengeluaran dalam jumlah besar, termasuk ketika pencari nafkah terkena PHK. Apabila dana daruratmu belum mencukupi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkannya.

Mulailah berinvestasi

Dengan berinvestasi, uang yang kamu simpan akan berkembang jumlahnya. Coba pelajari berbagai instrumen investasi mulai dari emas, reksadana, saham, deposito, atau lainnya. Jika kamu belum memulai inventasi tahun ini, pastikan tahun depan kamu sudah memulainya.

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section