1. HOME
  2. FINANCE
NATAL

4 Alasan Kenapa Harus Belanja Natal Mulai dari Sekarang

Berbelanja di saat Natal justru seringkali membuat saldo rekening menipis.

By Dwifantya Aquina 30 November 2016 10:04
Ilustrasi natal (Pixabay)

Money.id - Tanpa terasa kita sudah berada di akhir November. Dalam hitungan hari, kita akan memasuki bulan Desember. Desember identik dengan periode belanja. Banyak merchant yang memberikan promo menarik mulai dari diskon hingga aneka hadiah menarik.

Namun, berbelanja di saat Natal justru seringkali membuat saldo rekening menipis. Orang yang berpengalaman justru membeli kebutuhan Natal jauh sebelum hari perayaan tiba. Ini 4 alasan kenapa Anda harus belanja Natal mulai sekarang seperti dikutip CekAja.com.

Belanja saat hari H bikin stres

Anda tentu tahu seperti apa pusat perbelanjaan di hari Natal. Jalanan macet, pusat perbelanjaan penuh, bahkan untuk mencari tempat parkir di mall sangat susah. Bahkan kita sudah dapat merasakan hiruk pikuknya satu hingga dua pekan menjelang Natal. Anda tidak harus melewati keadaan itu.

Ketika kebanyakan orang masih menyusun list barang kebutuhan yang harus dibeli saat Natal, Anda harus bergerak jauh lebih cepat dengan membeli kebutuhan Natal sekarang juga. (Baca juga: Menjelang Natal dan Tahun Baru, Yuk Tambah Pundi Rupiah dengan Menjalankan Ide Bisnis Berikut Ini)

Harga belum naik

Dalam bisnis ritel ada yang dikenal dengan "seasonal markups". Inilah momen ketika supermarket, mall dan pusat perbelanjaan lain mengambil untung dari musim belanja. Sudah bukan rahasia lagi bila peritel menaikkan harga sebelum memberi diskon pada pelanggannya. Untuk menghindari kerugian akibat "seasonal markup" hindari membeli kebutuhan Natal menjelang hari H. Itulah alasannya kenapa Anda harus belanja mulai dari sekarang.

Kehabisan barang

Menjelang hari H, permintaan akan barang pasti meningkat seiring meningkatnya daya beli. Di saat itu ketersediaan barang kebutuhan yang dijual mulai menipis. Hal ini tidak hanya terjadi pada barang kebutuhan pokok seperti telur, daging dan lain sebagainya. Barang tertentu seperti elektronik, gadget dan smartphone bahkan pakaian juga mengalami peningkatan penjualan. Daripada kehabisan barang yang sudah kamu incar untuk kebutuhan Natal, sebaiknya belanja mulai dari sekarang.

Beban finansial tidak terlalu berat

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengalami peningkatan kebutuhan saat Natal. Tidak heran jika pengeluaran di saat itu juga meningkat. Selain hadiah Anda juga harus belanja pakaian, makanan, minuman, snack dan berlibur. Oleh karena itu, Natal bisa sangat memberatkan keuangan.

Anda bisa terlilit utang atau bahkan berada dalam kondisi finansial yang buruk bila terjadi risiko keuangan seperti sakit atau kecelakaan. Untuk itu, bagi dua pengeluaran Anda saat Natal. Belanja sebagian barang saat sekarang dan sisanya bisa dibeli saat Natal. (Baca juga: Ternyata, Salah Kostum Saat Berolahraga Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan)

 

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section