1. HOME
  2. FINANCE
KARTU KREDIT

Mahasiswa juga Bisa Punya Kartu Kredit, Ini Caranya

Bagaimana jika kamu berstatus sebagai mahasiswa, apakah bisa memiliki kartu kredit?

By Dwifantya Aquina 28 November 2016 07:10
Kartu kredit bisa dimiliki oleh mahasiswa (dailyfinance)

Money.id - Persyaratan untuk mendapatkan kartu kredit kini tidak serumit dan seribet dulu. Sekarang semua orang bisa mendapatkan kartu kredit selama bisa memenuhi syarat, diantaranya memiliki pekerjaan tetap dan memiliki surat keterangan penghasilan ataupun slip gaji.

Bagaimana jika kamu berstatus sebagai mahasiswa, apakah bisa memiliki kartu kredit? Sebab mahasiswa belum memiliki pekerjaan tetap sehingga tidak memiliki keterangan penghasilan. Kecuali jika mahasiswa tersebut memiliki pekerjaan tetap di luar jadwal kuliah.

Mahasiswa yang belum memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap tetap bisa memiliki kartu kredit. Meskipun prosesnya lumayan ribet, tapi jika prosesnya diikuti, para mahasiswa bisa memiliki kartu kredit.

Penasaran bagaimana caranya, silakan ikuti tips di bawah ini:

Ajukan kartu kredit di mall atau online

Cara ini harus dicoba karena kamu bisa mendapatkan kartu kredit dengan syarat tidak begitu ribet. Jika apply di mall atau pusat perbelanjaan, misalnya, syarat utamanya ialah menyerahkan fotokopi KTP. Kamu juga juga bisa apply kartu kredit melalui online di berbagai situs penyedia.

Jika Anda mengajukan kartu kredit melalui Halomoney.co.id, Anda akan mendapatkan layanan perbandingan gratis dan independen sehingga Anda bisa memilih kartu kredit terbaik sesuai kebutuhan Anda. Selanjutnya mengisi data singkat dan apply, data Anda akan diverifikasi oleh tim Halomoney.co.id.

Pilih kartu kredit yang sama dengan bank di mana tempat Anda memiliki rekening tabungan, sehingga bank bisa melihat  cash flow di rekening Anda. Kalau kondisi rekening Anda meyakinkan, bank pasti menyetujui kartu kredit yang Anda ajukan. Potensi diterima akan bertambah besar lagi jika mahasiswa ternyata punya pekerjaan sampingan yang menghasilkan uang.

Kartu Pertama

Pilihlah kartu kredit khusus untuk pemilik kartu kredit pertama. Ini berarti kartu kredit untuk pemula, seperti mereka baru bekerja maupun mahasiswa. Banyak kartu kredit pertama yang tersedia di perbankan. Salah satu cirinya ialah menerapkan iuran tahunan yang minim, mulai dari Rp 150.000 per tahun hingga Rp 250.000 per tahun. Bahkan ada yang gratis.

Data yang dimiliki Halomoney.co.id, bersumber dari situs resmi perbankan, antara lain AEON Card, ANZ Classic, ataupun Bank BJB Visa Gold. Cek info lengkapnya di sini.

Sistem jaminan

Salah satu cara agar pengajuan kartu kreditmu diterima oleh bank ialah mengendapkan dana di rekening bank penerbit kartu kredit. Cara seperti ini sering disebut sistem jaminan. Dengan cara ini, kamu mengunci atau mengendapkan saldo tabungan sebesar 120% dari limit kartu kredit. Misalnya limit minimum yang kamu minta adalah Rp3.000.000. Maka bank akan mengunci Rp3.600.000 dari saldo yang kamu miliki.

Kartu Tambahan

Cara ini bisa dilakukan jika ternyata kamu benar-benar tidak potensial untuk menjadi penerima kartu kredit. Biasanya kartu kredit yang dimiliki oleh pemegang kartu utama memiliki fasilitas untuk mendapatkan kartu kredit tambahan. Kamu bisa meminta fasilitas kartu tambahan dari anggota keluarga kamu seperti kakak dan orangtua. Kartu kredit tambahan milikmu berarti bagian tak terpisahkan dari kartu utama milik keluargamu sehingga pemakaiannya akan diketahui oleh pemegang kartu utama, serta pembayaran tagihannya pun akan dilakukan melalui pemilik kartu utama.

Referensi dari Pemilik Kartu Kredit

Bank penerbit kartu kredit biasanya sering melakukan promosi Member Get Member (MGM) pada nasabahnya. Bank biasanya akan mempertimbangkan apabila pemohon kartu kredit yang direferensikan layak untuk bisa memiliki kartu kredit. Carilah informasi bank apa yang sedang melakuka promosi MGM sehingga kamu bisa meminta keluargamu untuk memberikan referensi. Dengan cara ini kamu punya kesempatan untuk memiliki kartu kredit.

Sebelum kamu benar-benar memiliki kartu kredit, kamu harus bisa menggunakan kartu kredit dengan fungsi yang benar. Yaitu kartu kredit yang akan kamu miliki hanya sebagai “alat pembayaran” bukan “alat utang”. Artinya, kamu mengunakan kartu kredit itu untuk memudahkan kamu untuk bertransaksi dan akan segera dilunasi secepatnya sebelum jatuh tempo.

Bukan mencari pinjaman karena bunga kartu kredit terbilang mahal. Jangan berfikir untuk menunda pembayaran atau membayar dengan pembayaran minimal karena hal itu akan membawa masalah besar.

Baca juga: Pengalaman penulis novel Ahmad Fuadi soal utang kartu kredit.

Gunakan selalu situs perbandingan independen Halomoney.co.id untuk mendapatkan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) terbaik untuk segala kebutuhan Anda. We compare, you save.

 

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section