1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Jangan Pernah Bayar 5 Hal Ini Pakai Kartu Kredit!

Anda harus memilih jenis pembayaran apa saja yang pantas dan layak dibayar dengan kartu kredit kalau tak mau bangkrut.

By Dwifantya Aquina 2 Desember 2016 15:49
Ilustrasi kartu kredit (malaysiacreditcard.com)

Money.id - Memiliki kartu kredit bukan sekadar untuk mendapatkan kemudahan dan keuntungan berupa diskon dan cicilan ringan. Saat ini sebagian orang ingin memiliki kartu kredit karena alasan mempertahankan gaya hidup. Akibatnya beberapa pemegang kartu kredit mengalami ketergantungan akut pada kartu pembayaran ini.

Oke, sebenarnya tidak masalah selama Anda bisa melunasi semua tagihan. Itu artinya, Anda memang cerdas dan bijak menggunakan kartu kredit. Tapi sekedar informasi, Anda harus memilih jenis pembayaran apa saja yang pantas dan layak dibayar dengan kartu kredit, dan mana tagihan yang tidak tepat dibayar dengan kartu kredit. Apalagi jika harganya mahal, tidak ada diskon atau promo.

Anda harus pintar memilih jenis transaksi yang akan Anda bayar sebelum menggunakan kartu tersebut.  Berikut enam hal yang sebaiknya tidak Anda bayar atau dicicil dengan menggunakan kartu kredit.

1. Cicilan KPR

Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Jika Anda tidak memiliki uang tunai untuk membeli rumah, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencicil Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  Namun Anda disarankan tidak mengunakan kartu kredit untuk membayar uang muka dan cicilan KPR. Kenapa? Karena bunga kartu kredit yang tinggi dan jangka waktu yang terlalu pendek, akan menyulitkan Anda melunasi cicilan tersebut. Akibatnya Anda akan terbebani cicilan kartu kredit dan cicilan KPR.

Baca juga: Bisnis Online yang Cocok Dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga

2. Cicilan Kendaraan

Anda seorang yang suka jalan-jalan? Memiliki kendaraan dapat menjadi sebuah kebutuhan bagi Anda.  Jika Anda membeli mobil itu dengan cara kredit melalui Kredit Kepemilikan Mobil (KPM) atau melalui perusahaan pembiayaan (leasing),  pastikan Anda memiliki kemampuan untuk mencicilnya.

Seperti membayar cicilan rumah atau properti, disarankan Anda tidak membayar uang muka atau cicilan kendaraan mobil dan sepeda motor dengan kartu kredit. Sebab bunga kartu kredit yang tinggi dan tenor yang rendah akan membuat kamu kesulitan.

Baca juga: 5 Kunci Sukses Untuk Kembangkan Bisnis Kamu!

3. Cicilan Pendidikan

Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan S1 atau S2 tapi tidak memiliki dana cukup, sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit untuk membiayainya.  Kartu kredit akan menyebabkan pembayaran lebih besar dan utang Anda akan sulit untuk dilunasi. Jangan sampai hutang tersebut akan memengaruhi pendidikan Anda.  Lebih baik Anda mencari beasiswa dibandingkan  berhutang ke kartu kredit.

4. Biaya Pernikahan

Untuk membiayai pernikahan Anda yang sakral, sebaiknya jangan memaksakan diri menggunakan kartu kredit, meski Anda akan mendapat banyak kado yang mungkin bisa membayar cicilan kartu kredit tersebut.

Ingatlah soal bunga yang dibebankan dan jangka waktunya yang pendek untuk melunasi. Jangan sampai kebahagiaan pascamenikah jadi ternodai karena harus berjuang mati-matian demi melunasi hutang kartu kredit. Sebaiknya gunakanlah Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk memenuhi kebutuhan pernikahan Anda.

Baca juga: Mau Makan Enak Sambil Berhemat Rp 2.3 Juta Pertahun?

5. Biaya Rumah Sakit

Ketika Anda atau keluargamu tiba-tiba menderita sakit atau kecelakaan, maka dalam kondisi seperti ini, mungkin kamu tidak bisa berpikir cerdas dan segera menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan rumah sakit.

Dari pada menggunakan kartu kredit, ada baiknya Anda membuat asuransi jiwa dan kecelakaan atau simpanlah uang di bank, yang sengaja diperuntukkan untuk biaya tak terduga.

Gunakan kartu kredit Anda secara bijak dan pastikan Anda membayarnya lunas setiap kali pemakaian. Jangan sampai Anda terjebak dalam masalah akibat terlalu konsumtif atau mengambil jalan pintas.

Baca juga: Ditagih Debt Collector? Jangan Panik, Gunakan Tips ini

Gunakan situs perbandingan independen Halomoney.co.id untuk mendapatkan kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbaik untuk berbagai kebutuhan Anda.  Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!

Baca Juga

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section