1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Ini Alasan Padji Mendirikan Kolamkomik.com sebagai Sayap Bisnis

Pandji yakin kalau Kolamkomik.com akan menjadi Marvelnya Indonesia, dan saat ini komik tersebut dapat dibaca gratis!

By Rizki Astuti 17 Maret 2016 11:15
Pandji Pragiwaksono (Instagram)
Money.id - Komika Pandji Pragiwaksono sukses menjajakan berbagai karya di toko online miliknya, Wsydn Shop. Tak hanya sampai di situ, Pandji juga membangun sebuah perusahaan digital komik.
 
Adalah Kolakkomik.com, sebuah situs yang disediakan gratis agar pengunjung dapat membaca komik-komik orisinil. Situs yang didirikan Pandji dan rekannya, Shani Budi Pandita pada November 2010 itu, dikemas dengan cerita menarik. 
 
Berawal dari ide Pandji yang ingin menceritakan legenda Ramayana, namun dia mengubah sosok Hanoman dengan jalan cerita yang lebih modern. Hanoman dalam komiknya adalah sebuah robot. 
 
"Semuanya gratis, saya ingin satu hari nanti harus ada perusahaan komik Indonesia yang mendunia atau judul dan tokohnya juga hebat. Pokoknya harus jadi lebih bagus," ujar Pandji kepada Money.id, Kamis 17 Maret 2016. 
 
(Kolamkomik.com)
 
Kolamkomik.com kini sudah memiliki tiga judul komik, yaitu Degalings adalah komik strip yang menceritakan tentang kejadian lucu sehari-hari di keluarga dan terinspirasi dari kisah nyata Pandji. Komik ini sudah ada 100 episode.
 
Kemudian H2O menceritakan kisah erpik Rama melalui pendekatan kekinian. Dia adalah seorang mahasiswa pecinta robotika dan robot. Terakhir H2O Reborn yang menceritakan lebih dalam mengenai H2O. Semua seri komik tersebut terbit setiap bulan pada tanggal 20.
(Kolamkomik.com)
 
Meski sudah memiliki tiga judul komik, namun Pandji mengaku situsnya masih mengejar traffic hingga saat ini. "Kalau ini (kolamkomik.com) masih jauh dari toko online. Memang sih perusahaan ini sudah bisa menghasilkan uang, tapi belum bisa nutupin overhead tiap bulannya. Tapi saya percaya ini akan menjadi besar," kata pria berumur 36 tahun itu
  
H20 Reborn
Kolamkomik.com berawal dari seri komik berjudul H2O. Tapi sejak awal didirikan hingga 2014, pembacanya diakui Pandji masih sangat sedikit. 

Itu sebabnya Shani langsung ambik keputusan yaitu dengan mengganti tim lama dengan beberapa mahasiswa asal Jogjakarta, serta menambahkan seri H20 Reborn.

"Jadi ceritanya H2O ini muncul lebih bagus lagi. Pokoknya ketika mahasiswa itu gabung ternyata grafik pembacanya naik."

Hal tersebut ternyata membuat Pandji yakin kalau Kolamkomik.com akan menjadi Marvelnya Indonesia. Bila sudah lebih dikenal, dia berencana membuat merchandise dan miniatur dari para tokoh tersebut. (els)
 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section