1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Ramon Y Tungka Ungkap Risiko Bisnis Biro Perjalanan

Menjalankan bisnis travel gampang-gampang susah. Ada dua risiko yang harus dihadapi.

By Rizki Astuti 14 Maret 2016 12:36
Ramon Yusuf Tungka (Instagram)

Money.id - Menjalankan bisnis travel atau biro perjalanan bila dimulai dari hobi, hasilnya pasti akan menyenangkan. Meski demikian, tetap ada hal atau risiko yang harus diperhitungkan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Ramon Y Tungka adalah salah satu artis yang terjun ke dunia bisnis lewat hobinya. Melalui Discover Indonesia, paket perjalanan keliling Indonesia sengaja disiapkan Ramond.

Saat berbincang dengan Money.id, Ramon mengaku gampang-gampang susah menjalankannya.

"Paling pasti masalahnya adalah cuaca, misalnya kita sudah menyiapkan paket pedakian ke Rinjani atau Semeru, ternyata lagi tutup karena faktor cuaca atau gunungnya lagi batuk," kata Ramon, Senin 14 Maret 2016.

Bukan hanya itu saja, paket perjalanan yang disipakan untuk kalangan menengah sampai berkantong tebal lokal saja. Tapi dia dapat menjadi pemandu wisata bagi para wisatawan asing alias bule.

Namun yang jadi masalah, saat akan memandu para bule bukan faktor bahasa. "Animo pasar yang tinggi, tapi dolar lagi naik. Ini berpengaruh banget bagi bule," jelas suami Putri Indonesia 2009, Qory Sandioriva itu.

Diketahui Discover Indonesia yang lahir sejak 2014 itu hadir membawa warna berbeda dalam menjelajahi wisata di Indonesia. Biro perjalanan yang menyiapkan jasa adventure itu memiliki tiga paket, yaitu platinum, gold, dan silver. (els)

 

(sm/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section