1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Alfie Afandy 'Hijrah' Melalui Bisnis Baju Muslim

Pemeran Ustaz Jeffi Al-Buchori dalam Film 'Hijrah Cinta' itu mengaku optimis bisnisnya akan berjalan lancar.

By Rizki Astuti 11 Maret 2016 15:17
Alfie Afandy (Kapanlagi)
Inspirasi dalam berbisnis bisa datang dari mana saja. Seperti aktor Alfie Afandy yang tak sengaja 'tercebur' dalam bisnis pakaian. Alfie yang mulai bergelut di bidang religi itu memperkenalkan label busana bernama Hijrah. 
 
Saat berbincang denga Money.id, Alfie mengaku baru memulai usahanya bersama sang istri pada Oktober 1015. 
 
"Saat terjun ke religi, tiba-tiba tanpa diminta punya jamaah sendiri. Akhirnya kami memanfaatkan apa yang ada dengan cara yang baik. Apalagi bisnis bergerak di muslim," kata Alfie, pemeran Ustaz Jeffi Al-Buchori dalam Film 'Hijrah Cinta' itu, Jumat 11 Maret 2016. 
 
Kini Hijrah menjual beberapa produk seperti baju gamis perempuan, sorban, sarung, peci, hijab, dan yang terbaru adalah gamis laki-laki. Alfie mengaku terjun langsung dalam pemilihan bahan, cutting, sampai revisi. 
 
Bahan yang digunakan Hijrah dijamin nyaman, adem, tidak tebal, tapi juga tidak transparan. Selain itu, gamis pria misalnya, Alfie dan istri menempatkan sebuah kancing pada pergelangan tangan layaknya kemeja. 

"Itu untuk penguat aja sih saat angkat tangan. Kami juga buat garis hitam di leher untuk kesan lebih elegan," ujar pria berumur 26 tahun itu. 
 
Selain itu, saat ditanyakan modal awal yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis ini, Alfie mengaku kalau dia merogoh sekitar Rp30 juta. Meski terbilang masih baru, modal tersebut dirasa cukup memberi hasil yang luar biasa, karena Alfie bisa mengantongi belasan juta rupiah pada tiap bulannya. 
 
Dalam Hijrah, setiap busana dibanderol dengan harga bervariasi. Kelas Premi misalnya, harganya sekitar Rp400-500 ribu, sementara baju koko Rp240-300 ribu. 
 
 
Strategi penjualan
Penjualan Hijrah menggunakan sistem online dan pelanggannya sudah sampai ke Sumatera dan Kalimantan. Bahkan tahun ini, Alfie berencana memperluas penjualannya hingga ke Malaysia. 
 
"Ada adik di sana (Malaysia) dan ada beberapa keluarga yang suka ikut pengajian. Jadi bukan buka toko tapi sounding untuk dijual ke sana," katanya.
 
Selain itu, Alfie juga sering menitipkan busananya ke beberapa ustaz ternama untuk menggunakan baju miliknya. Tak hanya itu saja, Hijrah juga hadir dalam bazar-bazar muslimah, untuk memperkenalkan warna baru dalam bisnisnya.

"Ada beberapa temen desainer yang bantu juga. Kayak Dian Pelangi, itu kan masih saudara jauh saya. Paling istri saya yang cari link untuk bantu," katanya. 

Walaupun banyak persaingan fashion hijab saat ini, Alfie mengaku tidak takut untuk terus maju karena menurutnya bila sudah ditekuini, semua hal yang dijalankan pasti akan berhasil.

"Sekarang lagi ada hasut, yang jelek-jelekin, label kami. Tapi itu dijadikan cambukan aja untuk menjadi lebih baik lagi," ujar Alfie. (ita)
 
 

(sm/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section