1. HOME
  2. SHOW-BIZ
TOKOH WAFAT

Musisi Jazz Legendaris Ireng Maulana Tutup Usia

Pria bernama lahir Eugene Lodewijk Willem Maulana meninggal pada Minggu dini hari, 6 Maret 2016.

By Desy Afrianti 6 Maret 2016 09:01
Ireng Maulana/Kapanlagi.com

Money.id - Indonesia kehilangan salah satu musisi jazz legendarisnya, Ireng Maulana, 71. Pria bernama lahir Eugene Lodewijk Willem Maulana tutup usia pada Minggu dini hari, 6 Maret 2016.

Kabar duka itu tersiar di sela gemuruh kemeriahan pagelaran Java Jazz Festival 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Seperti dikutip dari Merdeka.com, gitaris itu dikabarkan tak sanggup bertahan hidup dari penyakit jantung yang telah dideritanya sejak lama.

"Baru meninggal dengan tenang karena serangan jantung tokoh musik Indonesia, Ireng Maulana," kata Penggagas Java Jazz Festival Peter F Gontha dalam akun Twitternya @PeterGontha, Minggu.

Tahun lalu nada ritmis gitar Ireng Maulana masih menghiasi Enjoy Jakarta Jazz Festival 2015.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf turut mengucap belasungkawa atas dedikasi pendiri kelompok musik serba bisa yang memainkan musik pop dari berbagai sub-genre Eka Sapta pada 1960 silam bersama Bing Slamet, Idris Sardi, dan Eddy Tulis.

"Turut berdukacita sedalam-dalamnya atas wafatnya Ireng Maulana, tokoh dan pelopor Jazz Indonesia, pendiri JakJazz. Selamat Jalan Bung Ireng," tulis Triawan Munaf dalam akun Twitternya @Triawan.

Ireng Maulana sempat mempelajari pondasi alunan jazz melalui suami Titiek Puspa, yakni Mus Mualim.

Pemain bas grup rock legendaris God Bless, Donny Fattah turut berduka atas meninggalnya musisi legendaris itu. "Innalillahi wa innaillaihi rojiun, selamat jalan Ireng Maulana, legenda Jazz Indonesia," kata Donny Fattah dalam akunnya @DonnyFattahBass.

Dikutip dari Wikipedia, Ireng Maulana merupakan putra dari pasangan Max Maulana dengan Georgiana Sinsoe. Bakat musiknya menurun dari ayahnya, seorang pemain gitar asal Cirebon dan ibunya asal Sangir--seorang--penyanyi yang pandai memainkan piano.

Nama Ireng diperoleh pada masa kanak-kanak. Sampai usia remaja, Adik kandung Kiboud Maulana ini belum berminat pada musik. Karena ada rasa tanggung jawab kepada keluarga, lantaran ayahnya meninggal, Ireng kemudian kursus bahasa Perancis dan mengetik, juga kursus pemegang buku bond A dan bond B.

Namun bakat musiknya mulai menggoda. Pada usia 16 tahun, Ireng sudah bergumul dengan alat musik, terutama gitar. Dia mulai ikut-ikutan kakaknya Kiboud Maulana, yang waktu itu sudah menjadi gitaris kondang.

Semula tujuannya bukan untuk mencari uang, hanya sekadar untuk gaya saja. Kemudian bergabung dengan grup band Joes & His Band, dan mulai turut serta pada festival-festival musik. Ternyata dalam lomba itu grupnya berhasil meraih juara kedua, dan ia terpilih sebagai gitaris terbaik.

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section