1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Uji Tabrak Agya-Ayla dan Datsun GO, Siapa Paling Aman?

Meski tidak mendapatkan lima bintang, ketiganya memperoleh hasil yang cukup bagus.

By Sandy 2 Oktober 2015 11:05
Toyota Agya vs Daihatsu Ayla (Blogspot)

Money.id - Baru-baru ini New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) telah melakukan uji tabrakan terhadap tiga mobil mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) paling populer di Indonesia, yaitu Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Datsun GO.

Ini adalah pertama kalinya mobil murah yang khusus dipasarkan di Indonesia itu diuji oleh program keselamatan regional. Meski tidak mendapatkan lima bintang, ketiganya memperoleh hasil yang cukup bagus.

Dalam uji tabrakan ini, ASEAN NCAP menggunakan dua versi Ayla, satu tanpa airbag, yang lain dengan dual airbag. Sementara Agya yang digunakan dalam uji tabrakan ini telah dilengkapi dengan dual airbag.

Untuk Ayla tanpa airbag, Daihatsu mencetak satu bintang untuk kategori perlindungan untuk penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP). Ayla tanpa airbag mendapat skor 5,56 poin pada kecepatan 64 km/jam untuk uji tabrakan frontal.

Adapun untuk kategori perlindungan penumpang anak-anak atau Child Occupant Protection (COP), Ayla tanpa airbag mendapat dua bintang, dengan rating mencapai 47 persen.

Ayla dengan dual airbag mendapatkan nilai empat bintang dengan skor 12,84 poin untuk kategori AOP. Untuk kategori COP, Ayla mendapat tiga bintang dengan rating 51 persen.

Meski untuk kategori AOP memperoleh jumlah bintang yang sama dengan Ayla, namun untuk kategori COP, Agya mendapat nilai empat bintang dengan rating mencapai 82 persen.

Sementara itu, Datsun Go yang hanya dilengkapi satu airbag mencetak dua bintang dengan skor 6,82 poin untuk kategori AOP dan dua bintang dengan rating mencapai 46 persen untuk kategori COP.

New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) adalah program pemeringkat keselamatan mobil yang digagas oleh Lembaga Riset Keselamatan Jalan Raya Malaysia (MIROS) dan Global New Car Assessment Program (Global NCAP) pada 2011 lalu.

(da/s)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section