1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

Tiga Mobil Sering Dipakai untuk Angkutan Kota

Biasanya mobil yang digunakan untuk angkutan kota adalah mobil keluarga yang gampang dimodifikasi.

By Rohimat Nurbaya 29 September 2015 13:30
Suzuki APV dijadikan Angkutan Kota (Foto: Facebook)

Money.id - Pasar otomotif nasional diramaikan dengan beragam produk kendaraan untuk berbagai segmentasi, termasuk mobil-mobil yang cocok digunakan untuk usaha di bidang transportasi.

Biasanya mobil yang digunakan untuk usaha transportasi itu dengan tipe mobil keluarga yang gampang untuk dimodifikasi. Berikut beberapa mobil yang paling sering digunakan untuk angkutan kota di Indonesia.

1. Suzuki APV

Sumber: Facebook

Suzuki APV Arena merupakan produk andalan dari PT Indomobil Sales. Mobil tersebut memiliki konsep perpaduan antara jenis MPV dengan Minivan. Mobil tersebut pertama diproduksi pada 2004 lalu saat itu hanya bisa didatangkan secara langsung dari Jepang atau CBU (Completely Build Up).

Setelah pertama kali dipasarkan mobil tersebut ternyata memiliki sambutan positif dari konsumen di Indonesia. Sehingga PT Suzuki Indomobil Sales merakit sendiri mobil tersebut di Indonesia, tetapi masih mempertahankan desain yang dirancang Suzuki Motor Corporation.

Semakin banyaknya minat pada mobil tersebut, akhirnya mobil tersebut digunakan juga sebagai angkutan perkotaan di beberapa daerah seperti di Jakarta, Bandung dan Bogor. APV termasuk mobil untuk kelas menengah, dengan kisaran harga dari Rp179 juta hingga Rp220 juta.

Mulai dari APV GX 1.5 M/T yang dibanderol dengan harga Rp179,5 juta, APV LUXURY 15″ A/T dibanderol dengan harga Rp216 juta, APV LUXURY 15″ M/T dibanderol dengan harga Rp202 juta APV SGX 1.5 M/T dibanderol dengan harga Rp183 juta.

Kemudian APV SGX 1.5 A/T dibanderol dengan harga Rp197 juta, APV LUXURY 17″ M/T dibanderol dengan harga Rp206 juta, dan yang terakhir adalah varian paling gahar APV LUXURY 17″ A/T yang dibanderol dengan harga Rp 220 juta.

2. Daihatsu Gran Max Minibus

Foto: Facebook

Daihatsu Gran Max mulai diproduksi pada 2007 lalu dan masuk ke pasar otomotif Indonesia pada 2008. Mobil tersebut diproduksi untuk menggantikan Daihatsu Zebra yang dianggap sudah ketinggalan jaman.

Mobil terbuat termasuk jenis minibus dengan memiliki desain MPV yang menggunakan perpaduan mesin antara jenis mobil SUV dengan MPV.

Kelebihan utama mobil minibus Daihatsu ini dibekali mesin SUV yang memiliki keunggulan pada kekuatan dan daya tahan mesin yang cukup baik. Di Indonesia sendiri Daihatsu Gran Max MB ini terdiri dari dua varian, yakni Minibus 1.300 cc dan Minibus 1500 cc.

Harga Daihatsu Gran Max MB ini dibanderol mulai dari Rp137 juta untuk versi MB 1.3 D FH, kemudian Rp143,4 juta untuk versi MB 1.3 D FF FH dan Rp168,9 juta untuk versi MB 1.3 D FF AMBULANCE FH lalu yang terakhir adalah Rp153 versi MB 1.5 D PS FH yang disebut paling gahar.

3. Mitsubishi Colt T120ss

Sumber:  Facebook

Mitsubishi Colt T120ss merupakan mobil yang memang didesain untuk berniaga khususnya untuk mobil barang. Tetapi mobil itu juga banyak digunakan untuk angkutan kota.

Sebagai kendaraan niaga khususnya mobil barang, Mitsubishi ini memiliki dimensi yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Meskipun demikian kemampuan angkut beban juga menjadi standar mobil ini.

Mobil tersebut dibekali dengan mesin 1468 cc, mobil yang mampu mengusung beban dengan tenaganya yang berkisar antara 86 hp dan torsi maksimalnya sebesar 120 Nm. Harga mobil tersebut dibanderol dengan kisaran antara Rp95-99 juta. (ita)

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section