1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

Sejarah 'Mercy Bagong', Mobil Pengangkut Paling Bandel

Mobil tersebut diproduksi dari sejak 1959 hingga 1995 dan mampu mengangkut hingga belasan ton barang.

By Rohimat Nurbaya 29 September 2015 09:00
Mercedes Benz L Series (Foto: curbsideclassic.com)

Money.id - Orang Indonesia pasti tidak asing dengan truk pengangkut barang berkepala merah dan selalu berjalan pelan. Kendaraan tersebut sangat melegenda dan di Indonesia akrab disebut 'Mercy Bagong'.

Sebutan tersebut mengacu pada bentuknya yang sangat klasik dengan moncong yang pesek dan tampak jelek. Meski demikian, truk tersebut sangat bandel.

Buktinya, meski sudah berusia puluhan tahun truk itu masih bisa digunakan hingga sekarang. Masa produksi truk itu berlangsung sejak 1959 hingga 1995. 

Seperti dikutip curbsideclassic.com, truk tersebut memiliki nama asli Mercedes-Benz L Series. Kendaraan pengangkut yang legendaris itu dilengkapi mesin diesel 6 silinder direct injection OM352 dengan kapasitas 5700cc.

Truk tersebut tidak hanya terkenal di Indonesia. Sekitar 1970 hingga 1980 kendaraan pengangkut tersebut sangat populer di Amerika Serikat. Saat itu, truk kargo, mobil pemadam kebakaran, truk sampah, bahkan truk tentara semuanya menggunakan truk tersebut.

Bentuknya yang sangat besar, truk tersebut bisa mengangkut beban yang banyak. Untuk Mercedes-Benz L323 kuat mengangkut 7,5 ton dan L327 bisa mengangkut hingga 14 ton. Kemudian ukuran yang lebih besarnya lagi yakni Mercedes-Benz L332 dan L334 bisa mengangkut barang hingga 19 ton.

Tidak hanya terkenal di Indonesia dan Amerika Serikat saja, truk buatan Jerman tersebut banyak digunakan di negara-negara Afrika dan Irak.

Truk ini masih tersebar di penjuru dunia. Bahkan, mobil ini masih diproduksi di beberapa negara hingga tahun 1995 dengan beberapa penambahan, seperti AC, ABS, maupun fitur-fitur truk modern lain. Keistimewaan lain truk ini adalah sudah menggunakan sistem penggerak roda 4×4.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section