1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Mengenal Dua Jenis Kaca Mobil

Dua kaca tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

By Rohimat Nurbaya 3 Maret 2016 10:43
Ilustrasi kaca mobil (Toyota Astra)

Money.id - Kaca merupakan salah satu bagian penting dari mobil. Selain sebagai peranti keamanan, kaca mobil juga biasanya dimodifikasi supaya tunggangan kesayangan terlihat lebih manis.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, ada dua jenis kaca yang biasa digunakan pada mobil, yaitu temperlite dan lamisafe.

Jenis kaca temperlite (temperred glass) merupakan kaca biasa yang diperkeras dengan proses pemanasan sampai mencapai suhu 650 derajat celcius kemudian didinginkan seketika.

Kaca jenis ini memiliki kekuatan tiga kali lebih kuat dari kaca biasa sehingga relatif sulit untuk dipecahkan.

Namun kelemahannya, kaca ini akan mudah pecah berkeping-keping seperti kristal apabila tertembus benda tajam melebihi seperenam tebal kaca tersebut. Jenis kaca ini biasanya digunakan untuk kaca samping dan belakang mobil.

Keuntungan menggunakan kaca jenis ini, tidak mudah pecah jika terkena benturan atau benda keras tumpul. Kaca jenis temperlite juga biasanya digunakan untuk bus.

Jika terjadi keadaan genting, kaca samping bisa dengan mudah dipecahkan dengan menggunakan alat pemecah yang biasa menempel di dinding kendaraan.

Jenis kaca yang berikutnya adalah lamisafe (laminated glass). Jenis kaca ini terdiri dari tiga lapis material, yaitu dua kaca melapisi lembaran film (polyvinyl butyral film/PVB) yang berada di lapisan tengah.

Lamisafe memiliki kaca film sangat kuat. Adapun kaca film berfungsi menjaga, jika terkena benturan, kaca akan tetap menempel pada filmnya. Kaca jenis ini dapat menahan sinar ultraviolet hingga 96 persen.

Jenis kaca lamisafe biasanya digunakan untuk kaca depan mobil. Keuntungan dari penggunaan kaca jenis ini adalah ketika kaca terkena benturan atau lemparan benda keras, pecahan kaca tidak berhamburan.

Ketika terjadi sesuatu, penumpang bisa terhindar dari luka serius karena pecahan kaca menempel pada lembaran film.

Selain itu, apabila kaca terkena benturan, pengendara masih bisa melihat jalan, karena kerusakan kaca terkonsentrasi hanya pada daerah yang terkena benturan. (poy)

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section