1. HOME
  2. OTOMOTIF
  3. OTOTALK
OTOMOTIF

Catat, Ini Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Pemeriksaan ban dapat dilakukan dengan memeriksa indicator keausan menggunakan Tread Wear Indicator (TWI). Alat itu digunakan sebagai indikator.

By Rohimat Nurbaya 21 September 2016 12:04
Ilustrasi Ban Rusak (worldnow.com)

Money.id - Ban merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan. Melakukan pengecekan rutin terhadap kondisi ban tentu tak boleh dilupakan. Biasanya, ban akan menunjukkan tanda-tanda ketika dirinya sudah layak 'dipensiunkan' dan diganti dengan yang baru.

Dikutip dari laman Toyota Astra, setelah mengendarai mobil, terutama setelah perjalanan panjang, sebaiknya mengecek sisi dalam ban. Kerikil-kerikil kecil dan sampah biasanya bersarang di sela-sela ban. Sebaiknya kerikil dan sampah tersebut langsung dibersihkan karena bisa membuat ban bocor jika dibiarkan menumpuk terus-menerus.

Kemudian untuk memeriksa sisi luar ban akan lebih mudah karena biasanya terlihat dengan jelas. Harus melihat apakah ada keretakan atau tidak pada bagian luar ban. Sama dengan kerikil di sela-sela ban, keretakan di sisi luar dapat menyebabkan ban bocor mendadak.

Selain keretakan, periksalah permukaan ban. Apabila Anda merasakan ada benjolan di bagian luar ban, sebaiknya ban segera diganti. Benjolan pada ban dapat menyebabkan ban pecah ketika digunakan.

Pemeriksaan ban dapat dilakukan dengan memeriksa indicator keausan menggunakan Tread Wear Indicator (TWI) sebagai patokan. Perhatikan tanda segitigas/TWI di dasar dinding ban. TWI yang sudah menyentuh rata telapak ban menandakan ban harus segera dihentikan penggunaannya.

Standar ketebalan ban adalah 1,6 milimeter. Apabila ban masih tinggal 1,6 milimeter, ban masih bisa digunakan melintasi jalan kering dengan kecapatan rata-rata. Tapi, ban itu sudah tidak aman digunakan dalam kecepatan tinggi atau dalam kondisi lintasan basah.

Tanda lain untuk mengetahui kondisi ban adalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan. Tekanan ban yang menurun drastis bisa menandakan banyak hal. Ada baiknya Anda membawanya ke bengkel untuk pemeriksaan lebih menyeluruh.
Masalah yang terjadi ketika tekanan ban turun diantaranya kebocoran halus di sekitar pelek atau tutup dan pentil ban sedang bermasalah. (dwq)

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section