1. HOME
    2. NEWS
UNIK

Wow, Ternyata 5 Hewan Purba Masih Hidup di Indonesia

Para ahli fauna meyakini nenek moyang binatang purba tersebut sudah punah.

By Rohimat Nurbaya 20 September 2016 18:18
Komodo (wikipedia)

Money.id - Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna yang menarik. Bahkan, ada binatang purba yang masih hidup di Indonesia. Binatang tersebut diketahui sudah hidup sejak jutaan tahun lalu. Namun, hingga sekarang masih hidup di Indonesia meski populasi mereka sudah terancam punah.

Dikutip dari berbagai sumber, sedikitnya ada lima hewan purba yang masih hidup di Indonesia. Tidak tahu bagaimana hewan-hewan tersebut masih bisa hidup di Indonesia. Tetapi para ahli yakin fauna tersebut merupakan hewan purba yang nenek moyangnya sudah punah.

1. Komodo

Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Binatang ini termasuk anggota biawak Varanidae, dan klad Toxicofera. komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2 hingga 3 meter.

Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil.

Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang.

Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan.

Kadal besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo yang sengaja didirikan untuk melindungi mereka.

Halaman selanjutnya...Belangkas

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section