1. HOME
  2. OTOTALK
FINANCE

Beli Mobil Pertama, Jangan Lupa Tanyakan Ini Pada Sales

Biasanya, orang yang kurang awas saat membeli mobil pertama.

By Dwifantya Aquina 5 Mei 2017 09:14
Pameran mobil tepat didatangi bagi Anda yang ingin membeli mobil untuk pertama kalinya (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Kata siapa membeli mobil baru tidak perlu jeli? Bisa-bisa Anda justru mendapatkan kerugian atau melewatkan keuntungan yang seharusnya bisa diperoleh. Biasanya, orang yang kurang awas saat membeli mobil pertama.

Agar Anda tidak salah langkah, berikut ini 3 pertanyaan yang wajib ditanyakan pada sales mobil sebelum Anda memutuskan membeli mobil untuki pertama kali. Baca artikel yang dikutip dari CekAja.com berikut ini.

Apakah ada cash back atau diskon tambahan?

Biasanya, sales mobil bisa memberikan diskon tambahan. Namun, diskon tersebut tidak diumumkan atau dibuka secara transparan jika Anda sebagai pembeli tidak menanyakannya. Selain diskon, keuntungan yang mirip adalah cash back. Karena nilai pembelian mobil cukup besar, cash back yang diterima lummayan tinggi lho.

Nah, bila Anda tidak menanyakan biasanya cash back tersebut jatuh ke kantong sales mobil yang mengurus pembelian mobil Anda. Untuk itu, jangan malas menanyakan diskon tambahan dan cash back ya. Apalagi jika Anda membeli kendaraan itu secara tunai. (Baca juga: Apakah Wanita Single Perlu Beli Rumah Sebelum Menikah?)

Apa asuransi kendaraan yang diberikan?

Biasanya asuransi kendaraan hanya diberikan pada mobil baru yang dibeli secara kredit. Premi asuransi tersebut sudah melekat dengan pembayaran cicilan yang rutin Anda bayar setiap bulannya. Namun, tidak ada salahnya menanyakan lebih rinci mengenai asuransi kendaraan yang akan Anda peroleh.

Apa jenis asuransinya, TLO atau all risk, berapa premi dan apa perusahaan asuransi yang Anda gunakan. Informasi tersebut penting agar ketika Anda mengalami risiko, Anda dapat mengurus klaim asuransi secara lebih cepat dan tepat. Untuk pembelian mobil secara tunai, tanyakan pada sales apakah yang bersangkutan bisa sekaligus mengurus asuransi kendaraan tersebut. Jadi, Anda tak perlu repot-repot dan membuang waktu untuk mengurus asuransi kendaraan.

Bisakah melakukan test drive?

Sebelum membeli kendaraan, baik itu baru maupun bekas, jangan pernah membayarnya sebelum Anda melakukan uji coba. Test drive biasanya akan diberikan secara gratis. Dengan test drive Anda mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, Anda bisa mengetes performa mobil. Kedua, Anda bisa merasakan apakah mobil tersebut cocok denagn postur tubuh Anda. Ketiga, apakah seluruh komponen mobil yang akan Anda tebus bekerja dengan baik.

Bila test drive tidak tersedia ketika Anda datang berkunjung ke dealer, pastikan sales mobil membuat jadwal khusus bagi Anda untuk melakukan test drive. (Baca juga: Tahun Depan Mau Liburan Murah ke Eropa? Begini Caranya)

 

Baca Juga

 

 

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Ototalk Section