1. HOME
  2. DIGITAL
FINANCE

4 Hal yang Dulu Ribet Diurus Tapi Jadi Mudah Karena Teknologi

Bila dulu orang harus menyediakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk urusan tertentu, saat ini bisa selesai hanya dalam hitungan jam atau

By Dwifantya Aquina 8 April 2017 08:43
Mengurus persyaratan ke luar negeri kini bisa lebih mudah (Wikipedia)

Money.id - Kemajuan teknologi seharusnya semakin memudahkan hidup manusia. Sehingga kualitas hidup pun akan jadi semakin baik karena waktu yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk hal yang produktif. Kemajuan teknologi yang menyumbang kemudahan hidup manusia di antaranya teknologi digital.

Bila dulu orang harus menyediakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk urusan tertentu, saat ini bisa selesai hanya dalam hitungan jam atau bahkan menit. APa saja hal penting yang dulu ribet diurus namun jadi mudah karena bantuan teknologi? Berikut ini ulasan selengkapnya seperti dikutip dari CekAja.com.

Tilang

Surat Tilang alias bukti pelanggaran adalah momok menakutkan pagi pengguna kendaraan pribadi. Bukan lantaran pelanggar harus menrogoh kocek untuk membayar denda melainkan ribetnya urusan tilang. Bayangkan saja, bila ditilang Anda harus mengikuti sidang tilang pada hari kerja di jam kerja. Dulu orang harus izin bahkan cuti untuk menyelesaikan urusan satu ini.

Tak heran bermunculan calo yang menawarkan jasa joki sidang dengan imbalan sejumlah uang. Namun kini semua kerepotan tersebut tak perlu dilakukan lagi. Bila Anda terkena tilang, cukup mengunduh aplikasi e-tilang dan melakukan pembayaran denda tilang langsung pada rekening pemerintah melalui ATM. Setelah menyerahkan bukti pembayaran, Anda yang terkena tilang bisa langsung mengambil surat-surat kendaraan tanpa harus mengikuti sidang tilang yang melelahkan. (Baca juga: 10 Wanita yang Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia Tahun 2017)

Paspor

Sama seperti tilang, mengurus surat-surat penting juga menyita waktu yang tak sebentar. Untuk mengurus perpanjangan paspor misalnya, warga harus meluangkan waktu selama sehari.  Belum lagi bila kita terlambat datang karena jalanan macet, pengurusan paspor bisa tertunda karena kantor imigrasi sudah tutup. Nah, bagi Anda yang akan memperpanjang paspor dalam waktu dekat tidak perlu lagi takut terlambat datang ke kantor imigrasi.

Sebab, permohonan perpanjangan paspor bisa dilakukan secara online. Caranya cukup buka situs kantor imigrasi, melakukan pendaftaran dan mengisi permohonan jadwal wawancara. Anda memang tetap harus datang ke kantor imigrasi namun tidak perlu lagi mengisi dan melengkapi seluruh dokumen syarat yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Perbankan

Mengurus kartu kredit, pinjaman tanpa agunan, pinjaman dengan agunan, KPR, reksadana hingga deposito itu tidak sebentar. Setidaknya Anda harus datang ke kantor cabang bank tertentu, mengambil nomor antrean, menunggu nomor antrean dipanggil hingga kemudian customer relation bank mengurus keperluan kita. Untuk keperluan perbankan yang simpel seperti membuka rekening, nasabah bisa menghabiskan waktu selama berjam-jam.

Itu belum termasuk waktu yang kita habiskan dalam perjalanan menuju bank. Namun, semua kesulitan itu sudah tidak lagi menghantui kita. Sejak kemunculan perusahaan financial technology, waktu yang dihabsikan untuk memilih, mempelajari hingga mengajukan produk perbankan terpangkas habis. Cukup dengan smartphone di tangan, seluruh kebutuhan perbankan Anda bisa terpenuhi.

Asuransi

Sama seperti produk perbankan, mengurus asuransi secara offline memang ribet dan memakan waktu. Namun, nasabah asuransi kini bisa bernapas lega lantaran bermunculannya broker asuransi online. Selain aman dan murah, waktu yang dihabiskan untuk mendapatkan perlindungan asuransi jadi semakin singkat. (Baca juga: Apa yang Harus Kamu lakukan Saat Negosiasi Gaji Ditolak?)

 

Baca Juga

 

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section